Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Tips Menggunakan Transmisi CVT Dengan Tepat

Tips Menggunakan Transmisi CVT Dengan Tepat

fenurs.com-Hallo semuanya selamat datang di oto channel, saat ini semakin banyak mobil di Indonesia yang menggunakan transmisi CVT Continuously Variable Trasmission. Ada yang menyukainya dan ada yang tidak menyukainya, di artikel ini oto channel akan menjelaskan seluk beluk transmisi CVT dari cara kerjanya, karakternya dan apa manfaatnya bagi penggunanya  serta yang terpenting bagaimana cara memperpanjang usia transmisi CVT pada mobil sahabat semua.

Bagaimana Cara Kerja CVT
CVT alias Continuously Variable Trasmission bekerja dengan dua buah puli dan belt untuk mentrasfer tenaga dari mesin ke roda, kedua puli tersebut akan mengecil dan membesar untuk menghasilkan Ratio gigi yang berbeda-beda. Hasilnya didapatkan penyaluran tenaga yang smooth karena bagaikan memiliki gearbox dengan jumlah gigi yang tak terhingga.

Tips Menggunakan Transmisi CVT Dengan Tepat

Untuk Apa Transmisi CVT Di Ciptakan?
Selain untuk kehalusan dan kenyamanan, CVT dibuat untuk kehematan bahan bakar. Di transmisi CVT putaran mesin akan ditekan serendah mungkin
oleh transmisinya. Ketika berjalan dengan kecepatan 100 Km/Jam dan putaran mesin hanya 2000 RPM, ini membuat bahan bakar terbakar lebih sedikit.

Karakter Transmisi CVT
Transmisi CVT mempunyai karakter yang unik dan berbeda dengan transmisi otomatis lainnya. Ketika dipakai berakselerasi dengan gas yang konstan, putaran mesin tetap namun mobil terus berakselerasi dan kecepatan terus bertambah. Karakter ini yang buat sebagian orang kurang menyenangkan karena respon putaran bawahnya lambat, apalagi kalau CVT di padukan dengan mesin turbo. Karena turbo sendiri untuk putaran bawah ada legh nya sedikit maka akan semakin terasa lambat ketika di awal berakselerasi. Namun ketika sudah berada di putaran mesin yang optimal, laju dari kendaraan bertransmisi CVT itu lebih baik. Karena dia bisa ditahan ditenaga maksimum dan membiarkan dimensi puli tersebut membuat mobil berakselerasi, pada putaran bawah transmisi CVT memang sedikit lambat namun pada putaran atas lebih baik dari transmisi otomatis konvensional.

Penggunaan transmisi CVT memang tidak cocok di aplikasikan pada mobil sport, lebih tepat di aplikasikan ke jenis mobil harian agar lebih lembut dan irit.

Tips Menggunakan Transmisi CVT Dengan Tepat

Akan tetapi apabila ingin pengendaraan lebih sporty, sejumlah mobil bertransmisi CVT modern sudah dilengkapi dengan mode sport. Di tandai dengan huruf S pada indikator, jadi tinggal masukan ke S  maka mesin semakin ready dan lebih siap di ajak berakselerasi. Kalau masih belum puas, mobil bertransmisi CVT modern juga sudah dilengkapi dengan mode M manual. Pada mode manual, besarnya puli tersebut seolah-olah mobil mempunyai roda gigi biasanya 6 atau 7 speed. Jadi bisa meletakan gigi bagaikan manual dan berakselerasi lebih sigap.

Tips Menggunakan Transmisi CVT Dengan Tepat

Nah sekarang bagaimana tips agar bisa memaksimalkan transmisi CVT dan memperpanjang usianya serta mengoptimalkan bahan bakarnya, Berikut hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

Posisikan transmisi sesuai dengan kebutuhan.
Ketika  sedang berjalan santai atau normal, tidak perlu menggunakan gigi S sport. Cukup gunakan gigi D saja, nikmati kehalusan CVT sambil membakar bahan bakar lebih hemat.

Apakah boleh menginjak gas penuh secara mendadak? 
Selama tenaga mesin mobil masih standart, itu tidak menjadi masalah menginjak gas penuh secara mendadak dan tidak akan mengakibatkan kerusakan apa pun. Konsekuensinya hanya bahan bakar menjadi lebih boros saja.

Hal berikutnya tidak perlu menetralkan transmisi ketika berhenti sebentar. Mobil CVT modern sekarang memiliki mekanisme untuk merilis koplingnya pada saat mobil berhenti atau waktu kita injak rem, sehingga mesin tidak mendapat beban berlebih dan kehematannya mirip ketika pada posisi netral. Dari pada harus repot memindahkan gigi, langsung saja injak pedal rem di kemacatan karena tidak membuat konsumsi bahan bakar  menjadi boros.

Saat memindahkan transmisi pada posisi maju dan mundur atau sebaliknya, lakukan ketika mobil benar-benar sudah berhenti. Memindahkan transmisi dari maju ke mundur atau sebaliknya sebelum kendaraan berhenti, itu akan membuat kinerja transmisi dan koplingnya lebih berat. Untuk menjaga keawetan, pastikan mobil sudah dalam posisi berhenti baru melakukan perpindahan gigi.

Pantangan selanjutnya adalah menahan mobil di tanjakan mengunakan pedal gas. Ketika berhenti di tanjakan jangan gunakan gas untuk menahan mobil, karena itu efeknya seperti menahan setengah kopling seperti di transmisi manual dan bisa mengakibatkan transmisinya overwriting. Gunakan saja rem, ketika berpindah ke gas dan tidak ingin mobil melaju mundur gunakan rem tangan kecuali mobil anda sudah di lengkapi dengan fitur HSA Hill Start Assist, tinggal berpindah dari rem ke gas dan mobil tidak akan mundur.

Pertanyaan yang sering ada, apakah kita boleh memindahkan posisi gigi ke posisi rendah secara cepat jika membutuhkan engine brake?
Tentu saja boleh menurunkan gigi sebanyak mungkin tidak  perlu takut gigi akan overlapping
melewati redline, karena ada mekanisme di komputer yang mencegah gigi berpindah lebih rendah kalau komputer mendeteksi mesin berputar berlebihan alias overhead. Jadi untuk engine breaking maksimal, masukan saja ke mode manual dan turunkan gigi sebanyak mungkin biar komputer yang mengatur semuanya.

Terakhir sebagai penutup, jangan sampai terlambat mengganti oli transmisi, Interval penggantian bisa dilihat di buku manual. Namun biasanya oli transmisi CVT memiliki usia yang sangat panjang, bahkan ada yang sampai 60rb km dibeberapan mobil tertentu baru diganti.

Jadi begitulah artikel mengenai transmisi CVT, semoga ini bisa membantu anda dalam pemilihan mobil atau pemilihan jenis transmisi yang mau anda miliki. Jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman maupun kerabat, apabila artikel ini bermanfaat. Sampai ketemu di review-review menarik selanjutnya, terimakasih.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menggunakan Transmisi CVT Dengan Tepat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel