Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Aman

Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Aman
fenurs.com-Tips membeli mobil bekas dengan aman, Mobil merupakan kendaraan yang dibutuhkan banyak orang untuk menunjang beragam aktivitas seperti berbisnis maupun bepergian bersama keluarga. Rendahnya standar kenyamanan dan kecepatan pada transportasi umum membuat orang enggan menggunakan untuk kebutuhan sehari-hari, dan lebih memilih untuk membeli kendaraan pribadi. Hal ini tidak serta merta menyelesaikan masalah secara umum, tidak sedikit masyarakat negeri ini yang tidak mampu membeli sebuah mobil baru di karenakan harga mobil baru masih tergolong tinggi. Sebagai alternatif bagi yang benar-benar mendambahkan sebuah mobil, solusinya bisa membeli mobil bekas. Ada banyak tips membeli mobil bekas dengan aman, Oto Channel akan memberikan tips membeli mobil bekas dengan aman pada sahabat Oto Channel.

Berikut 7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas :

Pertama, Tempat atau Showroom Pembelian. Ada dua pilihan ketika membeli  mobil bekas, langsung melalui penjual atau pemakai maupun melalui showroom. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau mau leluasa mencari banyak pilihan lebih tepat membeli ke showroom, konsekuensinya akan mengeluarkan dana extra karena harga tentu lebih tinggi. Membeli langsung pada tangan pertama (pemakai) jauh lebih tepat karena bisa mengetahui riwayat pemakaian,  dan juga harga akan lebih bersahabat.

Kedua, Cek Eksterior Mobil. Selanjutnya lakukan pengecekan secara detail meliputi bagian bodi secara menyeluruh, pastikan bagian ini tidak bermasalah dan kondisi cat masih mulus. Periksa juga bagian kaca total plus bagian lampu, pastikan semua dalam keadaan normal. Berikutnya periksa bagian Velg dan Ban untuk mengetahui tingkat prosentase keausan, dan yang terakhir cek bagian kolong untuk memastikan tidak ada karat maupun keropos pada bagian sasis mobil.

Ketiga, Cek Performa Mesin Mobil. Bagian mesin merupakan salah satu bagian yang perlu ketelitian untuk mengeceknya. Hidupkan mesin dan dengarkan dengan teliti, mesin yang normal pasti mudah ketika dihidupkan. Selanjutnya lakukan test drive, pastikan perpindahan gigi persleneng dan stir kemudi serta suspensi bisa bekerja secara normal. Apabila salah satu sistem ada yang bermasalah, sebaiknya mempertimbangkan untuk membelinya. Ajak serta penjual dalam test drive, agar juga bisa merasakan dan tahu kondisi kendaraannya.

Keempat, Cek Interior.
Bagian interior meliputi AC, power window dan central lock serta elektrik miror, head unit, wiper, hazard, dasboard, lapisan plafon, jok kursi dan headrest serta seat belt, panel kontrol indikator (bbm, oli, temperatur, rpm, odo meter) dalam kondisi baik dan bisa berfungsi dengan normal. 

Kelima, Cek Kelengkapan Dokumen. Maraknya pemalsuan dokumen STNK dan BPKB membuat kita semua harus berhati-hati dan teleti ketika membeli sebuah kendaraan, pastikan mendapatkan dokumen yang asli untuk mempermudah urusan administrasi seperti perpanjangan pajak maupun proses balik nama.

Keenam, Cek Fisik.
Lakukan cek fisik ke samsat untuk memastikan legalitas kendaraan, saat ini cek fisik bisa di lakukan via Online dan SMS dengan format Jatim <spasi> Nopol lalu kirim ke 7070.

Ketujuh, Cek Asuransi
Mobil bekas yang memiliki asuransi akan memiliki nilai plus tersendiri. Apakah bisa kepemilikan asuransi di pindahkan? jawabnya bisa, kelengkapan dokumen jual beli diperlukan sebagai proses pindah nama kepemilikan asuransi.

Oto Channel juga memberikan 6 Tips Membeli Mobil Bekas di Showroom Agar Tidak Salah Pilih 

Sebagian orang merasa bingung ketika menentukan mobil bekas yang akan dibeli, showroom merupakan alternatif yang pas. Beragam merek dan varian serta tahun, banyak tersedia. Lakukan inspeksi sebelum menentukan membeli mobil bekas, seperti :
  1. Cek diagnosis komputer OBD scan
  2. Cek fitur elektronik
  3. Cek orisinalitas cat body
  4. Cek Indikasi tabrakan besar
  5. Cek Indikasi terendam banjir
  6. Cek verifikasi fisik mobil dengan dokumen

Terakhir Oto Channel Memberikan Tips  Cara Nego Saat Membeli Mobil Bekas

Mobil bekas umumnya memiliki pasaran sesuai dengan kondisi serta tahun diproduksinya. Harga mobil bekas lebih terjangkau dari pada mobil baru dengan varian yang sama. Bagi sahabat Oto Channel yang sedang berburu mobil bekas wajib melakukan penawaran agar bisa mendapat harga sesuai dengan ekspetasi budget di awal, serta bisa memanfaatkan kekurangan yang ada pada kendaraan tersebut untuk mengurangi harga jual dari mobil bekas itu sendiri.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Aman"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel