Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Tips Keluar Dari Rat Race Ala Kiyosaki

Tips Keluar Dari Rat Race Ala Kiyosoki
fenurs.com-Apa yang di ajarkan seorang Ayah kaya ke anaknya, kebanyakan orang tua mengatakan belajarlah yang giat raih nilai yang tinggi agar nanti kamu bisa mendapatkan  pekerjaan dengan gaji tinggi dan bonus besar.

Apakah pernyataan itu tepat?
Kenyataannya banyak waktu yang kita habiskan untuk mempelajari hal-hal yang tidak kita butuhkan di kehidupan nyata, sebagian ilmu yang di ajarkan untuk keperluan profesioal, menjadikan kita sebagai pekerja yang baik. Banyak lembaga pendidikan yang tidak mengajarkan bagaimana cara mengelolah kekayaan yang kita peroleh, padahal pengetahuan mengelolah kekayaan dengan baik merupakan pengetahuan yang bisa kita pakai seumur hidup. Kebanyakan kita tidak di ajarkan melek secara financial.

Robert T Kiyosaki mempunyai dua orang ayah, ayah kandung dan ayah angkat. Ayah nya yang pertama mengalami masalah-masalah keuangan di akhir hidupnya, ayah nya yang lain merupakan salah satu orang terkaya di Hawai dan meninggalkan banyak harta warisan. Kedua ayah nya merupakan orang yang karismatik dan berpengaruh dan sama-sama mengetahui pentingnya akan pendidikan, namun keduanya mengajarkan hal yang berbeda. Ayah nya yang miskin mengatakan, cinta akan uang merupakan akar kejahatan. Sedangkan ayah nya yang kaya mengatakan, kekurangan uang merupakan akar kejahatan. Ayah nya yang miskin mengajarkan untuk menjadi orang yang cerdik agar nantinya bisa bekerja di perusahaan besar, ayah nya yang kaya mengajarkan agar bisa memiliki perusahaan biar nanti bisa memperkerjakan orang yang pintar dan cerdik. Ayah yang miskin mengajari untuk menabung sedangkan ayah yang kaya mengajari agar berinvestasi, saat di situasi sulit ayah yang miskin mengatakan saya tidak mampu mencapai nya sedangkan ayah yang kaya mengatakan bagaimana caranya agar saya mampu mencapainya. Ayah yang miskin mengajarkan agar kita bekerja untuk uang sedangkan ayah yang kaya mengajarkan uanglah yang harus bekerja untuk kita.

Tips Keluar Dari Rat Race Ala Kiyosoki

Apa yang bisa kita ambil dari kisah kiyosaki?

PELAJARAN PERTAMA
Orang miskin dan menengah bekerja untuk uang. Orang kaya mempunyai uang yang bekerja untuk mereka.

Manusia dipenuhi rasa takut dan hasrat, takut hidup tanpa uang memotivasi kita untuk bekerja keras. Setelah itu hasrat dan nafsu mengajak kita untuk memikirkan hal-hal yang indah,  Handphone baru, Kendaraan baru, Liburan dan lainnya. Semakin besar pendapatan semakin besar pula nafsu keinginannya dan semakin banyak pula pengeluarannya. Keinginan dan hasrat ini akan berlangsung terus hingga yang tersisa tagihan dan cicilan dan berbagai hutang, inilah yang di sebut dengan Rat Race.

PELAJARAN KEDUA
Keluarlah dari Rat Race, membuat diri anda melek secara financial.
Misalkan anda memiliki gaji 10 Juta per bulan dan pengeluaran 9 Juta per bulan, maka sebenarnya yang tersisa hanya 1 Juta yang bisa disisihkan untuk di tabung, sebagai pekerja saat menerima gaji anda membayar pajak, saat berbelanja membayar pajak, saat menabung membayar pajak, bahkan saat meninggalkan pun anda masih harus membayar hutang pajak. Yang jadi masalah nantinya bukan seberapa banyak uang yang diperoleh, namun seberapa banyak uang yang bisa disisihkan.

Bagaimana anda bisa melek secara financial?

Pertama anda harus mengetahui perbedaan Aset dan Liabilitas.

Aset, secara sederhana aset merupakan akar sesuatu yang bisa menghasilkan uang ke dompet anda seperti (Saham, Reksadana, Apartemen) yang disewakan. Kekayaan Intelektual seperti Buku Metode Pendidikan dan Bisnis yang tidak membutuhkan kehadiran anda secara fisik, anda bisa menggaji seorang manager untuk mengurusnya.

Liabilitas, segala sesuatu yang mengeluarkan dari dompet anda, contohnya adalah :
Hutang Kartu Kredit, Hutang Sewa, Hutang Handphone Mewah, Hutang Televisi, Asuransi dan lainnya.

Orang miskin memiliki pengeluaran harian yang tinggi, kelas menengah membeli Liabilitas yang mereka fikir aset, orang kaya membeli kumpulan aset yang kuat untuk mendapatkan pendapatan.

Orang kelas menengah mendapati dirinya bergulat terus menerus, pendapatan utama mereka adalah gaji, semakin tinggi gajinya maka semakin keras mereka bekerja dan pajaknya pun semakin tinggi. Pengeluaran meningkat seiring gaji yang di dapatnya, sehingga istilah Rat Race sangat cocok bagi mereka. Bukannya berinvestasi di aset sesungguhnya, kelas menengah memperlakukan gaya hidup dan rumah mereka sebagai aset utama.

Orang kaya semakin kaya karena mereka terus mengumpulkan aset investasi dan terus berinvestasi untuk menghasilkan yang akan melebihi pengeluaran mereka sendiri.

Lalu mengapa rumah bukan merupakan aset namun Liabilitas?

Orang bekerja dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk membayar kredit rumah, pajak rumah, perawatan rumah, telephone, listrik, air di tambah lagi nilai rumah itu sendiri bisa terdepresiasi penurunan nilai seiring waktu.

Nasehat ayah kaya bila anda membeli rumah, pertama kali anda harus mempunyai  arus kas dari aset anda. Aset ini yang menghasilkan uang dan kemudian di pergunakan untuk  membayar rumah yang anda beli, konsentrasilah pada usaha anda untuk membeli  aset-aset yang menghasilkan dan upayakan untuk menjaga Liabilitas di tingkat serendah mungkin.

PELAJARAN KE TIGA
Mulailah mengelolah bisnis anda sendiri, anda bisa tetap bekerja di tempat kerja sekarang tapi mulailah untuk memiliki bisnis sendiri.
Kiyosaki bekerja menjadi sales marketing mesin fotocopy dan mendapatkan pemasukan berdasarkan komisi dari perusahaan Xerox, dengan penghasilannya ini dia membeli rumah untuk dijual belikan dan  dalam tiga tahun usaha jual beli rumah sudah menghasilkan jauh lebih besar dari gaji yang diterima dari Xerox. Dia tahu untuk bisa keluar dari Rat Race dengan cepat harus bekerja lebih keras dengan menjual mesin fotocopy lebih banyak lagi dan mulai membangun bisnisnya sendiri. Jangan membelanjakan semua gaji yang anda dapat, bangunlah portofolio aset. Saat aset anda sudah menghasilkan yang cukup maka anda boleh membelanjakannya, kiyosoki keluar dari tempat kerjanya dan membangun bisnisnya sendiri secara penuh waktu.

PELAJARAN KE EMPAT
Pajak pendapatan telah diterapkan di Inggris sejak tahun 1874, di amerika sendiri baru dikenalkan tahun 1913. Saat itu pajak yang direncanakan untuk dikenakan pada orang-orang kaya namun meleset, imbasnya kebijakan pajak juga di kenakan pada orang-orang kelas menengah dan miskin.

Kenyataannya orang kaya selalu punya cara untuk melindungi diri dari pajak yang tinggi dengan cara membuat perusahaan, perusahaan tidak selalu harus dengan mendirikan gedung dan logo yang terpampang diluarnya. Perusahaan yang dimaksud disini cukup mempunyai legalitas hukum yang di sahkan oleh notaris, perusahaan menawarkan keuntungan pajak dan perlindungan dari jeratan hukum. Ini cara yang sah untuk melindungi kekayaan anda, orang kaya menggunakan cara ini dari generasi ke generasi. Pelajarilah aturan-aturan lebih lanjut dan temukan keuntungan-keuntungan terbaik untuk anda,

Ayah kaya berkata, bayarlah diri anda terlebih dahulu, ini akan memaksa anda membuat pemasukan lain untuk menutup pengeluaran anda. Aturan sederhana ini akan bekerja seperti ini :

Orang yang bekerja untuk perusahaan, pertama-tama membayar pajak lalu mendapat pemasukan kemudian baru berbelanja. Sedangkan pemilik  perusahaan akan memperoleh pemasukan terlebih dahulu  kemudian berbelanja lalu membayar pajak, para pekerja di pajakin terlebih dahulu kemudian menggunakan apa yang tersisa. Sedangkan pemilik perusahaan menggunakan terlebih dahulu pendapatan lalu membayar pajak berdasarkan apa yang tersisa.

Lalu apa yang perlu dipelajari agar anda melek financial?

Ada empat ilmu utama yang perlu dipelajari.

1. Akuntansi.
Dengan akuntansi kita bisa membaca laporan keuangan, saat meninjau suatu bisnis atau aset. Kita bisa dengan cepat melihat catatan keuangan yang sedang kita tinjau, banyak orang yang tidak tahu menyeimbangkan keuangan.

2. Investasi
Ketrampilan ini akan terasa dengan pengalaman, bicaralah dengan investor, bagaimana cara mereka berinvestasi

3, Perilaku Pasar
Ketahuilah aturan penawaran dan permintaan, tidak ada pemilik bisnis yang melakukan bisnis tanpa memahami prinsip dasar dari pasar. Lihatlah berbagai kesempatan dan peluang bisnis, lihat apa yang di jual dan siapa yang membelinya.

4. Hukum
Kiyosaki merekomendasikan  segala yang berkaitan dengan
pengembangan bisnis anda dalam koridor bisnis yang legal, ketahuilah hukum-hukum perusahaan, aturan-aturan lokal dan aturan akuntansi yang berlaku.

PELAJARAN KE LIMA
Belajarlah untuk menjadi investor yang profesional, ayah kaya menjelaskan ada dua macam investor.

Yang Pertama Adalah Pembeli Paket Investasi. Ini adalah investor yang menelphone retail outlet, real estate, top broker atau perencana keuangan dan menaruh uang anda dalam portofolio yang sudah ada. Cara ini merupakan cara tercepat dan praktis.

Yang Kedua Adalah Investor Profesional. Rancang sendiri investasi anda, lakukan penawaran aset-aset anda, cari berbagai kemungkinan peluang yang ada. Ayah kaya sangat menganjurkan investor jenis ini.

Anda perlu membangun tiga cara untuk membangun investor jenis ini, anda perlu membangun tiga ketrampilan dasar untuk menjadi investor jenis ini.
Pertama, identifikasi kesempatan atau peluang yang dilewatkan orang lain.
Kedua, belajar mengumpulkan uang dan modal.
Ketiga, belajarlah mengelolah orang-orang pandai di sekitar anda.

Belajarlah mengidentifikasi hal-hal yang menguntungkan anda, namun masih tersembunyi dalam negoisasi bisnis.

Contoh:
Bisnis yang dijual Mc Donald bukan humburger yang dijual seperti kita tahu semua, namun  merupakan model bisnis dengan menjual kontrak royalti merk dagang di bawah bendera Mc  Donald itu sendiri. Disetiap  persimpangan kota yang ramai di seluruh kota dunia, itulah kekayaan sebenarnya dari pemilik francishe Mc Donald

Yang perlu di ingat adalah setiap investasi selalu ada resiko, anda harus belajar cara mengelolah resiko dan bukan menghindarinya.

PELAJARAN KE ENAM
Bekerjalah untuk belajar dan bukan untuk mencari uang. Kiyosoki setelah lulus bergabung dengan angkatan udara, ia belajar terbang dan menyukainya, kiyosoki juga belajar memimpin pasukan yang merupakan bagian dari kepemimpinan. Selanjutnya ia bergabung dengan xerox dan ia belajar mengatasi ketakutannya atas penolakannya, keharusan mengetuk pintu orang untuk menawarkan/menjual mesin fotocopy membuatnya takut. Tak lama berselang ia menjadi salah satu dari lima salesman terbaik di perusahaan xerox, beberapa tahun kemudian ia menjadi nomor satu.

Setelah belajar mengatasi rasa takut akan penolakan dan akhirnya menjadi nomor satu, ia keluar mendirikan dan membangun kerajaan bisnisnya sendiri.

Pelajari berbagai keterampilan membangun Relationship, Public Relation, Marketing, Advertising. Ambilah pekerjaan sambilan, sambil belajar lebih jauh lagi bukan untuk uang. Dalam sistem pendidikan kita sekolah mengajarkan orang untuk menjadi profesional, profesional hingga menjadi spesialis, hingga mereka tidak mampu bekerja diluar bidangnya dan membutuhkan serikat pekerja untuk melindungi posisi atau pekerjaan mereka.

Ingatlah anda bisa menjadi profesional, katakanlah menjadi pilot untuk belajar terbang  namun pada saat yang sama mulailah untuk mengembangkan bisnis sendiri.

Orang kaya mendidik anaknya dengan berbagai hal tentang bisnis itu sendiri, ia memindahkan dari satu departemen ke departemen lainnya hingga ia dapat belajar keterkaitan antar departemen yang ada.

Spesialisasi bukanlah hal yang terpenting disini, namun mengambil pelajaran di semua departemen yang ada untuk melihat suatu bisnis secara keseluruhan.

Ada tiga ketrampilan management yang utama:
Yang Pertama management arus kas.
Yang Kedua management arus sistem
Yang Ketiga adalah management sumber daya manusia.

Ingatlah, pekerjaan adalah solusi jangka pendek anda, sedangkan keuangan adalah jangka panjang anda. Atasi hambatan anda sekarang juga, kenapa harus meniti karir diperusahaan milik orang lain bila anda sudah memiliki tangga sendiri untuk menjadi orang sukses.

Share artikel ini ke teman dan kerabat anda, apabila pembaca menemukan manfaat setelah membacanya.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Keluar Dari Rat Race Ala Kiyosaki"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel