Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Pelajaran Hidup Yang Sering Diabaikan

Pelajaran Hidup Yang Sering Diabaikan

fenurs.com-Diri kita ini terbatas, terbatas oleh waktu dan ruang. Sedangkan kehidupan ini begitu luas dan mungkin tidak terbatas, begitu banyak hal yang kita lewatkan dan begitu banyak pula hal yang tidak kita ketahui. Terkadang kita melewatkan hal-hal yang penting, sebaliknya kita justru sibuk dengan hal-hal yang tidak penting. Sebelum kita terlambat terlalu jauh, berikut ini pelajaran yang orang terlambat pelajari dalam hidupnya. Mungkin kita bisa pelajari bersama, siapkan secarik kertas atau catatan serta secangkir kopi...bila anda penyuka kopi☺.
Apakah anda setuju atau tidak dengan hal-hal dibawah ini.

Hidup Tidaklah Lama.
Coba ingat masa-masa kecil kita, ingatan itu seperti kemarin.  Tiba-tiba sudah sebesar ini dan pertanyaan nya adalah, sampai manakah hidup kita dan apakah yang sudah kita dapatkan?
Taruh saja rata-rata umur orang Indonesia adalah 60 tahun, jika rata-rata tidur 8 jam sehari maka waktu efektif hidup kita adalah 40 tahun. Artinya kita tidur selama 20 tahun, 40 tahun hidup efektif kita itu apakah benar-benar efektif semuanya?
Seberapa banyak yang betul-betul produktif?

Dalam sebuah riset, manusia  menghabiskan waktu 8 jam untuk istirahat diluar waktu tidurnya. Itu sudah termasuk menontoh TV, membuka sosial media dan lain-lain.
Artinya waktu yang benar-benar produktif dalam sehari hanyalah 8 jam, artinya waktu produktif kita seumur hidup adalah 20 tahun atau sepertiga dari umur kita. Itulah faktanya!

Dunia Ini Sementara. 
Hidup ini sementara termasuk segala hal di dalamnya, kita harus sadari itu sehingga kita tidak larut kedalam hal-hal yang bersifat sementara itu. Hidup pasti ada sedihnya namun sadarilah kesedihan itu juga bersifat sementara kelak kita akan bahagia dan bahagia itu pun sementara sadarilah kelak kita juga akan mengalami kesedihan oleh karena itu jangan berlebihan ketika sedang bersedih, jangan berlebihan pula ketika kita sedang bahagia.

Kesukaran juga sementara kelak pasti juga akan ada kemudahan, pertemanan juga sementara kelak pasti ada perpisahan. Ujian juga sementara kelak pasti akan mendapatkan hasil, begitulah hidup bahwa semua hal itu sementara tidak ada yang abadi. Jadi jangan terlalu risau dengan kehidupan ini karena roda terus berputar dan tetaplah berfikir positif.

Pelajaran Hidup Yang Sering Diabaikan

Keluarga Lebih Berharga Dari Pada Teman.
Berapa banyak teman akrab yang kita tinggalkan ketika duduk di bangku SMP, berapa banyak teman akrab di SMA yang berpisah dengan kita karena kuliah di tempat  yang berbeda atau berapa banyak teman-teman kita yang berpisah dengan kita! Tetapi ingat, sampai sekarang kita pulang dirumah yang sama. Dikeluarga yang sama, ketika ada masalah kita akan pulang. Kemana lagi kita akan pulang kalau tidak pulang kerumah kita, dan ujung-ujungnya kita akan pulang ke keluarga. Kadang memang ayah ibu kita kurang asyik di ajak bercerita, terkadang ayah ibu kita kurang bisa memahami dengan masalah yang kita hadapi tapi percayalah merekalah yang menanggung hidup kita. Merekalah yang dengan tulus berkorban untuk kita, jadi jangan sia-siakan ayah ibu kita selama mereka masih hidup di dunia ini. Sayangilah mereka akrab ilah mereka dan berbaktilah pada mereka.

Pengorbanan Akan Berbuah Manis.
Pengorbanan yang kalian lakukan saat ini pasti berbuah manis di masa depan, di setiap titik umur kita pasti ada penyesalan. Penyesalan kenapa dulu tidak menabung, kenapa dulu tidak belajar lebih giat, kenapa dulu tidak pernah mendengarkan nasehat orang tua dan kemudian setelah waktu berlalu kita beranjak dewasa menyadari bahwa menabung itu sangat penting belajar itu juga sangat penting dan mendengar nasehat orang tua itu  merupakan sebuah hal yang sangat sangat penting. Nah... rubalah mindset kita mulai hari ini, berkorbanlah hari ini untuk masa depan yang lebih baik. Tidak ada kata terlambat.

Jangan Korbankan Kesehatan. Mengorbankan kesehatan untuk mendapatkan uang adalah tidak menguntungkan, harta terbesar diri kita adalah diri kita sendiri  yaitu jasad kita. Syukuri bahwa kita masih sehat, mempunyai tubuh yang sempurna. Jangan korbankan kesehatan kita hanya untuk mendapatkan harta yang lebih, Karena buat apa memiliki uang yang banyak kalau tidak bisa menikmati karena sakit-sakitan.

Pelajaran Hidup Yang Sering Diabaikan

Terlalu Takut Dan Berhenti Mencoba.
Kita menyadari bahwa banyak peluang di sekitar kita, dan sering kita tidak mendapatkannya karena kita takut degan resiko dan takut untuk mencobanya. Di lain sisi begitu banyak orang sukses yang gagal di awal usahanya, menderita kerugian banyak dari sisi waktu, materi dan kesedihan yang panjang. Mereka tidak takut resiko, mereka tidak pernah berhenti dan mereka terus melawan rasa takut dan akhirnya mendapatkan kesuksekan.

Sesuatu Itu Tidak Seindah Yang Kita Kira.
Ketika masih kecil kita merengek minta dibelikan mobil-mobilan, karena teman-teman yang lain juga punya. Namun ketika sudah memilikinya, kita mainkan sebentar lalu kita tinggalkan. Atau oran lain punya motor terbaru kita juga ingin punya, kita korbankan banyak hal dengan menjual motor lama untuk membeli yang baru. Bahkan sampai berkorban dengan cara berhutang untuk mendapatkan motor baru tersebut, namun ternyata ketika sudah mempunyai motor baru tersebut ternyata tidak seindah yang kita bayangkan. Sama saja, mau yang baru atau yang lama pada dasarnya fungsinya sama saja untuk berpindah dari lokasi satu kelokasi lain. Jadi keinginan itu tidak seindah seperti ketika belum memilikinya, tetapi ketika sudah memilikinya ternyata tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya. Jadi syukuri saja bahwa yang kita inginkan tidak seindah yang kita bayangkan, agar kita pandai mengelolah sebuah keinginan.

Pelajaran Hidup Yang Sering Diabaikan

Di Balik Malam Pasti Datang Pagi.
Tidak peduli dengan seberapa berat hidup kita saat ini, mungkin saat ini kita masih sulit, mungkin kita sekarang masih sedih, mungkin kita sekarang masih sedikit mempunyai uang. Tapi yakinlah jika kita terus berusaha, kita nikmati proses itu...yakinlah kelak akan menemukan jalan keluar. Jalani langkah demi langkap dan tetap berfikir positif.

Marah Dan Balas Dendam Sama Sekali Tidak Menguntungkan.
Sesekali kita pasti pernah marah sama orang lain, mungkin orang lain memang berniat jahat sama kita. Kita ditipu, dijegal, kita direndahkan dan lain sebagainya. Kemudian dalam diri kita ada rasa marah dan dalam kemarahan itu terbersit ingin membalas orang tersebut atas apa yang sudah di perbuat dalam diri kita. Kita berfikir orang lain harus merasakan seperti apa yang kita rasakan, tapi ternyata itu tidak menguntungkan bagi kita. Menyimpan kemarahan hanyalah akan membuat hidup kita menjadi sempit, kita menjadi uring-uringan dan menjadi tidak bahagia. Disinilah kita belajar seni memaafkan, memang sulit tetapi kita pasti bisa.

Dan Yang Terakhir, Dunia Ini Lebih Luas Dari Apa Yang Kita Bayangkan.
Ada sebuah kata-kata bijak, merantaulah maka kamu akan melihat sesuatu yang baru. Kita harus sadari bahwa dunia ini luas, masih banyak di luar sana pengalaman baru, masih banyak  yang jauh lebih indah, masih banyak ilmu yang dalam, masih banyak teknologi yang lebih canggih dan tentunya masih banyak pengalaman yang jauh lebih menarik.

Coba agendakan untuk berkunjung kesuatu tempat yang sebelumnya belum pernah kita kunjungi, dan rasakan pengalaman baru. Pergilah dan cari pengalaman baru tersebut.

Nah itulah beberapa pengalaman hidup yang manusia terlambat pelajari, mumpung kita masih  sehat, mumpung kita masih diberi umur, jangan sia-siakan waktu yang masih ada dan jangan sampai kita lewatkan pelajaran hidup seperti yang terurai di atas.

Share ke teman dan kerabat apabila pembaca menemukan manfaat pada artikel ini, terimakasih.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pelajaran Hidup Yang Sering Diabaikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel