Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Mengapa Merokok Bisa Membuat Orang Sehat

Mengapa Merokok Bisa Membuat Orang Sehat

fenurs.com-Kenapa sebagian orang yang merokok tetap bisa sehat? Kelihatannya cukup kontroversi kalimat ini. Selama ini merokok di cap bisa menyebabkan impotensi, penyakit jantung, gangguan janin terhadap kandungan dan lain sebagainya.

Tapi mengapa kok ada yang merokok tapi tetap sehat?

Seseorang jatuh sakit, tentu saja  di karenakan ada beberapa faktor-faktor resiko yang membuat seseorang sakit. Tentu harus dipahami terlebih dahulu, jadi faktor-faktor resiko yang menyebabkan orang sakit tidak hanya satu "ROKOK" tapi masih banyak yang lain.

Mungkin anda bukan perokok, namun kenapa anda jatuh sakit? karena faktor resiko, seperti:
Pertama tidak menjaga berat badan.
Kedua pola makan tidak sehat seperti terlalu banyak makan gorengan, pedas, lemak
Ketiga pola tidur tidak teratur sering begadang, stres pekerjaan dan masalah-masalah hidup lainnya.
Empat polusi udara terutama bagi yang tinggal dikota besar, pabrik atau tempat industri menyebabkan polusi udara berlebih
Lima kurang berolahraga, malas atau tidak mempunyai waktu menjadi alibi yang umum

Faktor yang membuat orang sakit bukan hanya ROKOK, tapi lebih sering yang pertama kali di salahkan adalah ROKOK. Dan ini merupakan fakta yang ada di masyarakat negeri ini, jadi banyak faktor yang menyebabkan orang sakit.

Mengapa Merokok Bisa Membuat Orang Sehat

Lalu mengapa ada seorang perokok umurnya panjang?

Nah mungkin...mereka hanya melanggar salah satu atau salah dua, dari beberapa faktor yang ada tersebut. Saya ada cerita, saya mempunyai seorang temen yang berusia mendekati 50 tahun. Beliau aktif merokok setiap harinya, tapi beliau setiap hari berolaraga minimal lari 3km dan bahkan beliau mengikuti olahraga lomba marathon dan triathlon. Anda bisa bayangkan seorang perokok masih aktif melakukan olahraga, makan makanan yang bergizi dan bahkan beliau masih bisa mengikuti lomba olahraga Triathlon. Itu merupakan olahraga yang tidak mudah menurut saya, bahkan anda yang berusia 20 tahun pun belum tentu bisa mengikuti olahraga ini.

Jadi Apa Rahasianya?
Beliau mengatakan, Ya...saya memang tidak bisa berhenti merokok, namun paling tidak sebelum mengikuti marathon saya berhenti dulu sementara merokoknya. Jadi dia memfokuskan dirinya pada olahraga tersebut, dan ketika olahraga tersebut telah selesai beliau merokok lagi. Dan tentu saja jumlah rokok yang dikonsumsi perhari juga mempengaruhi kesehatan, dengan mengkonsumsi rokok 4-5 pack perhari  seperti kereta api tidak berhenti tentu akan mempengaruhi kesehatan  terutama paru-paru dan organ tubuh lainnya.

Lalu Bagaimana Cara Berhenti Merokok?

Beberapa dokter menyarankan agar tidak langsung berhenti merokok ☺ , ketika anda langsung berhenti merokok, otak anda yang sudah terbiasa dengan zat-zat yang berada dalam kandungan rokok salah satunya Nikotin akan menderita karena tidak mendapatkan asupan zat-zat tersebut lagi, Jadi yang perlu di lakukan adalah mengurangi volume secara bertahap atau perlahan-lahan. Sama seperti anda yang sudah terbiasa makan nasi dua piring sehari sekali makan, tiba-tiba tidak makan, lalu kira-kira apa yang terjadi? Nah seperti itu, jadi caranya adalah mengurangi volume konsumsi rokok secara pelan-pelan. Dari 5 pack menjadi 4 pack, lalu menjadi 3 pack, selanjutnya 2 pack hingga lama-lama berhenti total. Dan itu perlu kemauan serta kesungguhan, dan bagi anda yang berhenti merokok lakukan tips di atas☺.

Dan satu lagi, ketika ingin merokok alihkan pada kegiatan-kegiatan lain seperti berolahraga sepakbola, joging dan bergabung dengan komunitas-komunitas lain yang tentu saja yang positif.

Selamat mencoba, share artikel pendek ini kalau merasa menemukan manfaat setelah membacanya, terimakasih.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Merokok Bisa Membuat Orang Sehat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel