Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Tips Menggunakan Kopling Mobil Dengan Benar


fenurs.com-Pada mobil transmisi manual, sebagian pengemudi mempunyai kebiasaan buruk dengan menggunakan setengah kopling dengan gigi tinggi agar mobil bisa berjalan lancar. Bahkan ada juga pengemudi yang mempunyai kebiasaan meletakan kaki kiri di pedal kopling. Namun tahukah anda, bahwa  hal ini merupakan sebuah kebiasaan yang tidak boleh dilakukan ketika sedang mengendarai mobil transmisi manual.

Mengapa tidak boleh di lakukan?

Pemilik atau pengemudi mobil transmisi manual wajib mengetahui sistem kerja mesin, kopling dan persleneng. Mesin  ibarat nyawa pada sebuah mobil, sekaligus sebagai pendorong yang diperlukan untuk mengerakan/menjalankan kendaraan. Pembakaran pada ruang mesin menghasilkan gaya dorong yang disebut Torsi.
Dalam kondisi berkendara normal, gaya penggerak yang dihasilkan mesin sama dengan gaya yang menolak gerakan mobil. Namun apa yang terjadi apabila gaya hambatan lebih besar dari gaya penggerak di roda? ini akan menghentikan gerakan mesin dan mesin akan mogok. Untungnya di dalam mobil ada mekanisme yang mengatasi ketidak seimbangan kekuatan, yang disebut dengan transmisi. Anda bisa mendapatkan kecepatan yang berbeda pada output transmisi dengan menggunakan tuas persleneng, dari daya yang di hasilkan torsi dan kecepatan sudut. Anda bisa mendapatkan torsi yang lebih tinggi atau sebaliknya dengan mengurangi kecepatan output. Singkatnya ketika kendaraan membutuhkan torsi atau pasokan torsi dari mesin rendah, anda harus menurun ke gigi yang lebih rendah.


Studi Kasus 1
Ketika mobil berjalan di tanjakan, kendaraan membutuhkan torsi tinggi, itulah alasan mengapa pengemudi harus menurunkan ke gigi yang lebih rendah. Hal ini harus di lakukan untuk menghindari mesin mogok. Ketika mesin  berada di RPM rendah, torsi yang yang didapat pun rendah. Ini adalah cara profesional untuk menghindari stools mesin. Setiap kali membutuhkan torsi tinggi harus beralih ke gigi rendah namun beberapa pengemudi menghindari stools mesin tanpa mengganti gigi persleneng, mereka hanya menggunakan  setengah kopling plus menambah gas.

Cara Kerja Kopling
Posisi kopling berada di antara mesin dan transmisi, pada dasarnya kopling bekerja untuk menghentikan aliran tenaga ke transmisi. Pada transmisi manual, perubahan gigi dilakukan ketika pasokan tenaga ke transmisi mulai menurun. Di saat itulah paling tepat untuk menekan kopling untuk memutus aliran tenaga mesin ke trasmisi


Studi Kasus 2
Pengemudi berkendara menggunakan gigi tinggi, namun secara bersamaan mesin berada di putaran rendah. Bisa dipastikan ia akan mengalami stools mesin, pada kasus lain pengemudi melakukan tehnik setengah kopling dan secara bersamaan menambah gas untuk menghindari stools mesin. Hal tersebut merupakan tehnik yang baik untuk keluar dari stools mesin, namun sesungguhnya menggunakan tehnik seperti itu tidak dibenarkan.

Mengapa? Berikut penjelasannya
Pada kopling, roda gila bergerak dengan bantuan cakram gesekan (matahari). Ketika gaya eksternal di terapkan pada cakram, gerakan pada roda gila akan di transfer ke transmisi dengan gaya gesekan yang memadai.

Sebuah plat tekanan dengan mekanisme pegas menyediakan kekuatan eksternal. selama tidak menekan pedal kopling, mekanisne pegas akan memasok  kekuatan eksternal yang kuat.
Saat menekan pedal kopling sepenuhnya, plat tekanan akan menjauh dari cakram dengan bantuan pegas diagfragma dengan demikian transmisi akan dipisahkan dari roda gila.

Singkatnya ketika tidak menginjak pedal kopling, cakram gesekan dan roda gila akan bergerak bersama-sama. Dan ketika menekan pedal kopling sepenuhnya, cakram gesekan dan roda gila dipisahkan.

Namun bagaimana kalau menekan pedal kopling secara parsial? 
Ini akan mengurangi gesekan antara roda gila dan cakram gesekan dari gerakan relatif terjadi diantaranya. ini pasti akan menyebabkan keausan cakram. Inilah mengapa ketika mengendarai trasmisi manual harus menekan pedal sepenuhnya atau tidak sama sekali. tekanan parsial pada pedal kopling akan menyebabkan kerusakan pada roda gila dan  cakram gesekan dengan sangat cepat. Semoga bermanfaat.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menggunakan Kopling Mobil Dengan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel