Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

10 Tips  Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com-Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, indah dan sehat. Beberapa waktu yang lalu mahasiswi salah satu universitas di Korea bernama Jinny melakukan diet extrem hingga bisa turun sampai 50kg, jinny sebelumnya memiliki berat 100kg.

Ada 10 tips yang diberikan oleh Jinny untuk menurunkan berat badannya dari 100kg menjadi 50kg.

Pertama Banyak Mengkonsumsi Air Putih. Dalam sehari Jinny mengkonsumsi air putih 3-5 liter, tentu saja ini sesuai dengan berat badan jinny yang mencapai 100kg pada saat itu. Jadi air putih ini penting bagi anda yang melakukan program diet, Mengapa? Karena air putih berfungsi untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh anda dan memperlancar sirkulasi  darah dalam tubuh. Dan selain itu air putih juga dapat menahan rasa lapar, jadi misalnya anda memprogram diet, anda sudah mengatur jadwal makan. Ketika merasa lapar dan waktu belum menunjukan jam makan, maka di sela-sela waktu itu bisa mengkonsumsi air putih sambil menunggu jam makan tiba.

Kedua Tidak Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Tinggi Garam Atau Sodium, Kenapa? Anda perlu mengetahui dulu sifat garam, garam bersifat menarik air. Jadi ketika anda mengkonsumsi makanan yang tinggi garam atau makanan asin-asin, maka tubuh anda akan menyimpan lebih banyak air.  Lama kelamaan akan terjadi Water Resistant, jika hal ini terjadi dengan waktu yang cukup lama maka akan mengganggu metabolisme dalam tubuh dan ketika mengkonsumsi dalam waktu yang cukup panjang maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dan penyakit yang di timbulkan salah satunya adalah penyakit darah tinggi.

Ketiga Jinny Mengurangi Jumlah Makan Nasi, Kenapa? Untuk Mengurangi Jumlah Kalori.
Sebagai gambaran, sepiring nasi padang. Nasinya saja memiliki kurang lebih 350-400 kalori, jinny mengurangi makan nasi dengan mengkonsumsi karbohidrat lain yang tinggi serat. Karena kita semua tahu kalau nasi putih itu seratnya sangat sedikit, jinny menggantinya dengan Sweet Potato alias ubi jalar atau telo☺. Jadi bagi anda yang sedang melakukan program diet bisa menggantinya dengan ubi jalar atau karbohidrat jenis lainnya yang tinggi serat.

Keempat Makan Makanan Yang Tinggi Protein, kenapa? Ketika melakukan program diet dan tubuh kekurangan protein, maka kulit akan terlihat kendur dan kusam. Protein dapat membantu dan memulihkan serta memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Kelima Mengkonsumsi Makanan Mentah, Kenapa? Makanan mentah sangat baik bagi yang sedang menjalani program diet, makanan mengandung tinggi serat dan enzim. Karena ketika makanan di panaskan dengan suhu melebihi  48 derajat, maka enzim-enzim.tersebut akan rusak dan enzim sangat baik bagi pencernaan tubuh.

Keenam Olahraga Kecil Setiap Hari Dan Dilakukan Dengan Konsisten, kenapa? Karena olahraga kecil bisa memperbaiki dan memperlancar metabolisme tubuh, jika anda memilih melakukan olahraga berat maka justru tubuh anda akan mengalami stres lebih tinggi, membuat anda semakin tertekan. Jika anda tertekan maka akan semakin sulit menjalankan program diet, dan selain itu jika melakukan olahraga yang sangat berat maka tubuh cenderung semakin cepat lapar dan setelah olahraga anda akan balas dendam. Mungkin akan makan dua atau tiga kali lipat lebih banyak, jadi usahakan tetap melakukan aktivitas fisik yang ringan namun konsisten.

Ketujuh Makan Makanan Yang  Mengandung Lactobasillus, apa sih Lactobasillus itu? Bagi yang pernah belajar biologi mungkin paham, Lactobasillus merupakan bakteri  baik yang berada pada usus besar kita. Dalam usus kita  ada yang namanya Flora Normal, yang di dalamnya salah satunya bernama Lactobasillus tadi. Lactobasillus dapat membantu usus mencernah makanan lebih baik dan dapat menjaga keadaan atau kondisi di dalam tubuh anda tetap baik.

Kedelapan Menghindari Dan Mengurangi Makanan Manis Atau Tinggi Gula, Kenapa? Sama seperti nasi, makanan yang mengandung tinggi gula sebenarnya sudah tidak mempunyai nilai gizi lagi. Gula tidak mempunyai nilai gizi namun hanya  mempunyai nilai cita rasa, mungkin makanan manis rasanya lebih enak. Tapi ingat kalori yang anda makan dari makanan manis tersebut akan bertambah, bagi beberapa orang ketika memakan makanan yang manis cenderung susah untuk berhenti. Tambah lagi dan tambah lagi...sehingga lupa kalau lagi diet.

Kesembilan Tidak Makan Larut Malam Dan Disarankan Terakhir Makan Jam 7, kenapa? Ketika anda makan malam jam 9 atau disebut makan midnight, disini yang namanya zat B M I L 1. Zat ini bertugas membuat lemak pada tubuh, ketika anda makan di atas jam 7 atau tengah malam. Itu artinya anda mempersiapkan bahan baku zat ini untuk membuat lemak di dalam tubuh, jadi meskipun anda sudah berolahraga mati-matian tapi di malam hari begadang lalu makan. Maka akan sulit menghasilkan berat badan yang ideal.

Terakhir Yang Kesepuluh Merencanakan Pola Makan Dan Lakukan Evaluasi Setiap Minggunya, kenapa? Anda harus mencatat makanan yang di konsumsi setiap hari, dan anda harus mencatat Goal (target) berat badan yang akan diturunkan. Kemudian lakukan breakdown, Misal: Berat awal 100kg dan akan menurunkan menjadi 50kg, tidak mungkin donk kalau di kejar dalam waktu 1 bulan kecuali dari berat 46kg menjadi 44kg atau 43kg itu masih memungkinkan.

Selain 10 tips di atas, Jinny juga memberikan tips pola fikir bagaimana diet yang baik dan sehat, dan pola fikir tersebut adalah? Bagaimana mengubah pola fikir untuk mencintai diri anda sendiri dan bukan hanya sekedar fokus menurunkan berat badan anda 5kg setiap bulan, jika anda terfokus turun turun turun 5kg per bulan. Maka anda akan stres dan metabolisme tubuh akan terganggu, jika itu semua terjadi maka anda akan kesulitan mendapatkan berat tubuh yang ideal.

Itulah tips diet ala Jinny, dan jinny mengatakan... semoga dengan mengikuti 10 tips.diatas bisa sukses seperti saya.

Jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyaknya apabila merasa menemukan manfaat setelah membacanya, terimakasih.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel