Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Bug


fenurs.com-Bug "dibaca bag" bahasa ini lazim di ucapkan para programmer  ketika menemukan kesalahan pada sistem yang di gunakan, sehingga sistem tidak bisa berjalan atau tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya pada Software.

Bug adalah hal yang sangat dibenci, tapi sekaligus bisa jadi membantu, maka dengan bug tersebut akan bisa diketahui kelemahan dari sebuah software atau aplikasi. 

Bug dalam bahasa Inggris berarti Kutu, istilah bug muncul ketika ditemukan binatang kecil yang menyebabkan kerusakan  pada sebuah komputer tabung  tahun 1945. 

Proses mencari bug tersebut disebut dengan Debug.

Bug pada software  mempunyai  jenis yang bermacam-macam. Jenis bug di klasifikasikan berdasarkan karakteristik, antara lain sebagai berikut:

Divide by Infinite Loop
Pada sebuah pembagian, pembaginya bernilai 0, maka program akan terhenti dan akan mengalami error.

Infinite Loop
Pengertian loop merupakan pengulangan yang sering digunakan dalam  bahasa pemrograman. Penggunaan loop yang salah dapat mengakibatkan program menjalankan sebuah prosedur tanpa akhir.

Arithmatic Overflow or Underflow
Overflow akan terjadi saat sebuah perhitungan menghasilkan nilai yang lebih besar dari pada nilai yang dapat ditampung oleh media atau variabel penyimpanan. Sedangkan underflow merupakan kebalikan pada perhitungan aritmatik, hal ini sering ditemukan dan pasti menjadi masalah.

Exceeding Array Bounds
Array merupakan variabel berdimensi yang memiliki indeks. Ketika program mengakses indeks di luar array yang  sudah ditentukan maka akan mengakibatkan error.

Access Violation
Hal yang terjadi ketika sebuah proses mencoba melewati batas yang diinginkan oleh sistem. Semisal menulis sebuah nilai pada alamat memory dan segmen atau media yang diproteksi.

Memory leak
Suatu keadaan dimana resource dari aplikasi yang dialokasikan pada memori tidak mampu dibebaskan, sehingga membebani memori dan pada akhirnya menurunkan performa atau dalam kasus terburuknya menyebabkan sistem crash.

Stack Overflow or Underflow
Stack adalah struktur data dengan prinsip LIFO "Last in First Out" pada program, kalian dapat mengimplementasikan logika stack untuk suatu tujuan tetapi jika stack melebihi atau di bawah nilai yang diijinkan pada program maka akan timbul kesalahan stack  Overflow/Undeflow.

Buffer Overflow
Buffer adalah tempat penyimpanan sementara dalam teknik pemrograman. Buffer overflow terjadi jika kalian menyimpan terlalu banyak data yang tidak dapat di tampung oleh buffer yang disediakan.

Deadlock
Merupakan suatu kondisi dimana dua proses atau lebih saling menunggu proses untuk melepaskan sumber daya atau resources yang sedang dipakai. Mudahnya ada proses A yang membutuhkan suatu resources namun resources tersebut sedang dipakai oleh proses lain.

Off by One Error
Merupakan istilah untuk menggambarkan perulangan  banyak atau sedikit. Misal, perulangan yang dikehendaki adalah 5 kali namun yang terjadi aplikasi tersebut mengulang proses tersebut sebanyak 4 kali atau 6 kali. Kesalahan ini pada umumnya terjadi dikarena kesalahan logika penulisan kode pada proses perulangan.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam penulisan program, maka lebih baik jika di berikan komentar yang memberikan penjelasan dalam alur program yang dibuat.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bug"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel