Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Metode Mempelajari Bahasa Pemrograman

fenurs.com-Kalau kalian tertarik membuat program komputer, aplikasi smartphone, website, game, atau perangkat lunak apa saja, kalian harus mengetahui cara memprogramnya. 

Program harus di buat dengan bahasa pemrograman. Bahasa ini memungkinkan sebuah program berfungsi di mesin yang menjalankannya, seperti komputer  dan smartphone atau perangkat keras lain.



Metode Pertama,
Memilih Bahasa Pemrograman


Pastikan Minat Kalian.  
Kalian bisa mulai belajar bahasa pemrograman apa saja, meskipun ada beberapa bahasa lain yang lebih mudah  untuk di pelajari.

Konsep belajar harus sesuai dengan tujuan, seperti :

Apa yang ingin kalian capai setelah menguasai bahasa pemrograman ?

Hal tersebut bisa membantu kalian untuk menentukan bahasa pemrograman yang tepat untuk di pelajari, dan ini merupakan langkah awal yang baik.

  • Jika kalian ingin menjadi pengembang WEB, maka perlu menguasai bahasa yang berbeda dari bahasa yang digunakan pengembang program desktop. Membuat aplikasi smartphone juga memerlukan bahasa yang berbeda  dalam memprogramnya.

Mempertimbangkan Untuk Mempelajari Bahasa Yang Sederhana. 
Kalian harus mempertimbangkan untuk belajar bahasa tingkat tinggi yang lebih sederhana. Bahasa tersebut sangat berguna, karena bahasanya mengajarkan konsep dan pemikiran dasar pemrograman yang bisa diterapkan ke bahasa apapun.

  • Dua bahasa terpopuler dalam kategori ini adalah Python dan Ruby. Keduanya  merupakan bahasa aplikasi  WEB yang berorientasi objeknya menggunakan sintaksis yang mudah dibaca.
  • Pengertian bahasa pemrograman berorientasi objek  adalah : Bahasa yang dibangun dengan sebuah konsep "objek" atau di sebut dengan kumpulan data, untuk di manipulasi. Konsep ini dipergunakan dalam berbagai bahasa pemrograman tingkat lanjut seperti C++, Java, Objective-C dan PHP.

Membaca Panduan Dasar Berbagai Bahasa.  
Cobalah dengan membaca panduan untuk beberapa bahasa berbeda. Jika  ada sebuah bahasa  yang lebih mudah dimengerti dari bahasa lainnya, cobalah dengan menggunakan bahasa tersebut untuk  mengaplikasikannya.
  • Python - Adalah bahasa pemula yang hebat dan sangat baik. Bahasa ini dipakai di banyak aplikasi web dan bahkan dipakai dibeberapa game.
  • Java - Di aplikasikan di berbagai jenis program, seperti game, WEB hingga di perangkat lunak ATM.
  • HTML - Merupakan bahasa awal yang wajib dikuasai oleh seluruh pengembang WEB. Kalian harus memahami HTML sebelum mempelajari bahasa pemrograman  WEB lain.
  • C - Bisa di katakan cukup usang, C masih di pakai serta menjadi basis dari C++, C# dan Objective-C yang terbaru.

Metode Ke Dua
Memulainya Dari Awal 


Belajar Konsep Dasar Bahasa Pemrograman.  
Keputusan sepenuhnya berada di tangan kalian sendiri, untuk menentukan bahasa pemrograman tersebut. Seluruh bahasa pemrograman memiliki konsep dasar yang berguna untuk membangun  suatu program.

Mempelajari konsep tersebut sejak dini akan mempermudah membuat kode yang berdaya serta efisien. Di bawah ini  merupakan konsep dasar umum yang banyak ditemukan di bahasa berbeda
  • Variabel-merupakan cara untuk menyimpan data yang selalu berubah. Variabel ini bisa dimanipulasi, serta memiliki jenis tertentu seperti "integer" dan "characters", yang menentukan data  tersebut bisa  disimpan. Ketika membuat program, variabel memiliki nama yang membuatnya sedikit lebih mudah dipahami oleh pembaca manusia. Hal tersebut mempermudah variabel berinteraksi dengan bagian kode tertentu.
  • Penjelasan kondisional - Penjelasan aksi yang dilakukan berdasarkan kebenaran atau kesalahan sebuah penjelasan. Bentuk paling umum dari penjelasan kondisional adalah "If-Then", Jika penjelasan tersebut benar (misal x = 5), maka  pasti akan terjadi. Jika pernjelasannya salah (misal x != 5), maka hal lain yang akan terjadi.
  • Fungsi - Nama dalam konsep ini berbeda-beda, tergantung bahasa pemrograman yang di pakai. Konsep ini disebut "Procedure", dan "Method", serta "Callable Unit", dan bisa berupa program lebih kecil dalam sebuah program. Sebuah fungsi dapat "dipanggil" oleh program berulang-ulang, serta memungkinkan pemrogram membuat program kompleks dengan mudah.
  • Data input/masukan - Konsep ini sangat luas dan biasa digunakan di hampir seluruh bahasa pemrograman. Konsep ini mencakup penanganan masukan pengguna serta menyimpan  data yang sudah dimasukkan. Cara pemasukan data tergantung dari jenis program dan input yang  sudah tersedia bagi pengguna (papan ketik, berkas). Hal ini saling terkait dengan Output, yang akan menampilkan hasil  bagi pengguna, baik dalam bentuk tampilan yang ada di layar atau berkas.

Pasang Perangkat Lunak Sesuai Dengan Yang Diperlukan. 
Kebanyakan dalam bahasa pemrograman memerlukan "compiler", sebuah program untuk menerjemahkan kode ke bahasa yang dipahami mesin. Bahasa lain seperti Python yang menggunakan interpreter, yang juga bisa menjalankan kode tanpa proses "compile".
  • Beberapa bahasa  yang ada memiliki IDE (Integrated Development Environment), biasanya berisi penyunting kode, "compiler" atau interpreter dan "debugger". IDE memungkinkan pemrogram melakukan fungsi yang diperlukan  pada satu tempat. IDE juga memiliki representasi visual dari hirarki dan direktori objek.
  • Banyak penyunting kode tersedia di Internet. Penyunting kode menawarkan cara yang berbeda untuk menebalkan sintaks dan menawarkan peralatan ramah dari pengembang  lain.


Metode Ke Tiga
Membuat Program Pertama


Fokus Pada Satu Konsep. 
Salah satu program yang pertama diajarkan dalam setiap bahasa adalah "Hello World". Program ini merupakan program sederhana yang menampilkan teks "Hello World" di layar.

Program ini mengajarkan untuk membuat suatu program fungsional dasar dan cara menangani keluar (output). Dengan merubah teks kalian bisa mempelajari bagaimana data dasar ditangani oleh sebuah program.  

Berikut beberapa panduan membuat program "Hello World" dalam berbagai bahasa pemrograman:

Hello World in Python World in Ruby
Hello World in C# World in Java

Belajarlah Melakukan Dekonstruksi, Seperti Program Daring. 
Ada ribuan contoh kode di internet dengan segala jenis bahasa pemrograman. Gunakan contoh tersebut untuk mempelajari cara kerja bahasa dalam berinteraksi. Ambil bagian-bagian dari contoh dan pergunakan untuk membuat program.

Periksa Sintaksis
Sintaksis merupakan penulisan sebuah bahasa yang dipahami oleh "compiler" dan "interpreter". Setiap bahasa memiliki sintaksis tidak sama, Namun beberapa bagian sintaksis juga digunakan di banyak bahasa pemrograman. Mempelajari sintaksis sangatlah penting pada pemrograman. Di dunia nyata sintaksis merupakan fondasi untuk membangun konsep-konsep berikutnya.

Bereksperimen Dengan Perubahan. Buatlah perubahan di dalam program contoh : Dengan bereksperimen kalian akan lebih cepat memahami serta menguasai, dari  pada hanya sekedar membaca buku atau panduan. Jangan  takut akan merusak sebuah program, belajar merupakan bagian dari sebuah proses pengembangan, dan hampir tidak ada yang bisa berjalan mulus di tahap awal.

Mulailah Belajar Memahami Debug.
Saat kalian memprogram, pasti akan menemukan galat/bug, hal tersebut merupakan kesalahan program dan bisa muncul di mana pun.

Galat bisa jadi tidak berbahaya, namun bisa  juga berbahaya, dan itu bisa membuat program tidak bisa berjalan. Mencari galat  serta memperbaikinya  merupakan proses penting dalam pengembangan perangkat lunak, jadi  kalian harus terbiasa mengantisipasi sejak awal.

  • Ketika  melakukan eksperimen  dengan mengubah program dasar, kalian akan menemukan hal yang tidak berjalan dengan semestinya. Menemukan cara lain agar program berjalan merupakan salah satu kemampuan paling berharga yang harus dimiliki sebagai pemrogram

Berikan Komentar Pada Kode Kalian.
Hampir setiap bahasa pemrograman mempunyai fungsi "komentar", yang memungkinkan untuk mengetik teks yang tidak diproses oleh interpreter atau compiler.

Hal ini bukan hanya membantu kalian mengingat fungsi suatu kode dalam sebuah program besar, tetapi juga merupakan proses penting dalam lingkungan kolaboratif, karena komentar memungkinkan orang lain untuk bisa memahami fungsi kode tersebut.


Metode Ke Empat
Belajar Secara Intent


Tulis Kode Program Setiap Hari.
Menguasai bahasa pemrograman  membutuhkan waktu. Untuk menguasai bahasa sederhana seperti Python saja, di perlukan banyak waktu. Cobalah menghabiskan waktu beberapa menit dalam sehari untuk menulis kode, meskipun hanya satu jam di antara waktu kerja dan makan malam.

Mengatur Tujuan Program Kalian. 
Dengan konsep yang menantang namun tetap bisa dijangkau, kalian akan dapat mulai memecahkan masalah dan menemukan solusi. Coba memilih aplikasi dasar, dan pikirkan cara membuatnya. 

Gunakan sintaksis dan konsep yang telah di pelajari dan terapkan pada program kalian.

Melakukan Diskusi dengan Orang Lain Serta Membaca Program Lain. 
Ada banyak komunitas pemrogram yang secara disiplin mempelajari sebuah bahasa tertentu. Berpartisipasi ke komunitas akan mempermudah proses belajar. 

Kalian akan mendapat akses ke berbagai jenis contoh dan peralatan yang akan membantu proses belajar. Membaca kode dari pemrogram lain akan memberi inspirasi dan membantu  untuk memahami sebuah konsep yang belum kalian kuasai.
  • Carilah komunitas daring pemrograman untuk bahasa yang kalian spesifikan. Pastikan  dalam berpartisipasi, tidak cuma bertanya. Komunitas biasanya merupakan tempat  untuk berkolaborasi dan berdiskusi, bukan semata-mata tempat tanya-jawab.
  • Setelah memiliki pengalaman, coba menghadiri sesi pemrograman bersama atau hack-a-thon. Keduanya merupakan event di mana individu atau tim berkolaborasi membuat suatu program bersama. Event tersebut sangat menyenangkan dan bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu pemrogram lain.

Tantang Diri  Sendiri Agar Proses Belajar Tetap Menyenangkan. 
Coba melakukan sesuatu yang belum  kalian ketahui caranya. Cari tahu dan implementasikan pada program yang kalian buat. Jangan cepat puas, lakukan apa saja untuk memastikan seluruh aspek program bisa berjalan sempurna.



Metode Ke Lima
Perluas Pengetahuan Pemrograman

Ikuti  Workshop Pemrograman.   
Banyak universitas dan akademi serta
LPK menyediakan kelas pemrograman untuk umum yang bisa di ikuti. Kelas pemrograman merupakan cara yang baik untuk belajar karena akan dipandu oleh pemrogram berpengalaman.

Beli Atau Pinjam Buku Panduan.
Banyak buku pemrograman untuk setiap bahasa tersedia di toko-toko buku. Meski pengetahuan tidak  hanya dibatasi oleh buku, buku pemrograman juga memberikan referensi dan contoh-contoh yang baik.

Belajar Matematika dan Logika. Kebanyakan konsep pemrograman juga melibatkan aritmetika dasar. Matematika penting dikuasai jika kalian mengembangkan simulasi kompleks atau program algoritma lainnya. 

Untuk pemrograman biasa tidak perlu matematika kompleks. Mempelajari logika sangatlah penting, terutama logika komputer yang akan membantu memahami cara  dalam memecahkan masalah untuk program tingkat lanjut.

Jangan Merasa Lelah Memprogram. Sebuah teori Masyhur mengatakan, seorang master membutuhkan 10 ribu jam terbang. Meskipun kebenarannya  hal tersebut masih diperdebatkan. 

Prinsip umumnya masih tetap berlaku: Menguasai sesuatu memerlukan waktu dan dedikasi. Jangan berharap bisa memahami semuanya dalam waktu sekejap, fokus dan konsisten bisa menjadikan kita ahli di bidang ini.

Perbanyak Belajar Bahasa Pemrograman Lain.
Jika kalian bisa bertahan dengan satu bahasa pemrograman, hal tersebut tidak menjadikan kalian punya daya  saing tinggi, maka wajib banyak menguasai bahasa pemrograman  yang banyak.
  • Kalian mungkin merasa bahwa mempelajari bahasa kedua lebih cepat dari mempelajari bahasa pertama. Pada dasarnya konsep pemrograman dasar dapat diterapkan dalam berbagai bahasa, terutama jika bahasanya masih saling terkait.


Metode Ke Enam
Mengkonsep Keahlian




Membuat Portfolio. 
Setelah kalian membuat program dan memperluas pengetahuan, pastikan hasil karya terbaik tersimpan dalam portfolio. Kalian bisa menampilkan portfolio pada  interview di tempat kalian melamar pekerjaan.


Mencari Pekerjaan Lepas. 
Banyak prospek kerja lepas bagi pemrogram, terutama pembuat aplikasi smartphone. Kalian bisa menggunakan hasil kerja lepas untuk membangun portfolio dan mengarahkan ke karya kalian yang  sudah dipublikasikan.

Mengembangkan Program Komersial Atau Gratis. 
Kalian tidak perlu bekerja pada orang lain untuk mendapat uang dari pemrograman. Jika bisa memprogram, kalian bisa membuat perangkat lunak sendiri dan merilisnya melalui situs atau pasar lain.

Aplikasi gratis merupakan cara yang populer untuk menyebarkan program. Pengembang tidak akan mendapat uang, namun mendapat  kepopuleran yang selanjutnya otomatis financial akan mengikuti.(fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Metode Mempelajari Bahasa Pemrograman"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel