Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Aibo Robot Anjing Sony


fenurs.com-Sony menghidupkan kembali anjing robotnya Aibo. Hewan robot yang  ikonik ini diperkenalkan pada tahun 1999, dan mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia namun produksinya telah dihentikan selama lebih dari satu setengah dekade.

Perusahaan itu merilis Aibo baru, dengan mekatronik dan AI yang lebih baik dan canggih, sayangnya hanya tersedia di Jepang.
Pihak Sony mengumumkan bahwa telah menjual 20.000 Aibos baru pada konsumen di Jepang. Berita baik bagi pecinta robot di Amerika, dalam sebuah acara di New York, Sony mengatakan  akan merilis serta menyediakan stok terbatas khusus bagi penggemar robot pintar ini di Amerika.

Ini adalah generasi keenam robot Sony, perbedaan terbesar dari model sebelumnya adalah pada mesin AI berbasis cloud baru, yang mengandalkan pada komputer on-board yang kuat dan sensor gambar yang lebih canggih untuk membuat Aibo lebih pintar dan lebih hidup.

Aibo baru dapat mengenali wajah pemiliknya dan bisa mendeteksi senyuman serta kata-kata pujian. Dan yang pasti membuatnya lebih unik, ia senang dibelai.
Aibo menggunakan kamera di hidungnya untuk mengenali wajah dan mendeteksi senyuman.

Ada yang tidak berubah dengan Aibo baru, yaitu harganya. Paket (Aibo dan pengisi daya) plus berlangganan cloud tiga tahun, yang di perlukan bagi pengguna untuk menjelajahi semua fitur aplikasi Aibo ini dijual dengan harga US$ 2.900, atau setara dengan Rp.44.196.000 dengan nilai tukar rupiah saat ini.  

Sony mengatakan, produk baru tersebut mencerminkan fokusnya pada filosofi Jepang "kando" untuk menciptakan hubungan emosional dengan teman robot baru kalian.

Mike Fasulo, presiden dan chief operating officer Sony Electronics North America mengatakan, bahwa kemampuan baru anjing Aibo ini akan memungkinkan bagi pemiliknya untuk  bisa terhubung dengan "menciptakan pengalaman yang begitu nyata dan mendalam sehingga teknologi bisa meningkatkan kenikmatan emosional."

Perangkat lunak Aibo tersebut menggunakan algoritma belajar dalam mengenali gambar dan suara. Robot ini juga mengunggah berbagai data berdasarkan pengalaman sehari-harinya ke cloud Sony, yang didukung oleh Amazon Web Services.  

Cloud berfungsi sebagai database dan mesin AI untuk menciptakan kepribadian unik setiap robot, dan akan terus berkembang seiring dengan waktu.  
Sebuah Literasi masa depan, pemiliknya bisa memginstruksikan apa saja yang di inginkan.

Di samping ekor ada kamera untuk pemetaan dan lokalisasi (SLAM) secara bersamaan. Selain perangkat lunak baru, Aibo juga menerima peningkatan perangkat keras secara besar-besaran. Ini didukung oleh Qualcomm Snapdragon 820 dengan 4GB RAM dan 32GB ROM, ditambah dengan Wi-Fi serta jaringan LTE. 

Dengan begitu bisa mengintegrasikan dua kamera (satu untuk pengenalan gambar dan satu untuk  pengenalan lokasi), juga di lengkapi dengan sensor waktu penerbangan, tiga sensor sentuh, empat mikrofon, detektor gerakan, detektor cahaya, dan unit pengukuran inersial di kepala dan tubuh.  Untuk menggerakkan leher, mulut, kaki, telinga, dan ekor, Aibo menggunakan aktuator sumbu 1 dan 2, dengan total 22 derajat kebebasan. Matanya menggunakan layar OLED.
Aibo baru tersebut terlihat ramah dan penuh kelembutan, layaknya sebuah anak anjing. Kelebihan lain dari Aibo ini seperti anak-anak, tidak di ciptakan dan di buat sama persis, klaim Sony. Karakter dan kemampuan Aibo dibentuk oleh perilaku pengguna atau pemiliknya. 

Luar biasa, kalian berminat ? (fns)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aibo Robot Anjing Sony"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel