Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Seru dan mudahnya Belanja di Supermarket Hema - Group Alibaba

Budaya komersial Tiongkok telah lama tidak ramah terhadap inovasi. Hema, jaringan supermarket yang dimiliki oleh e-commerce raksasa Alibaba Group, membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan besar Cina memiliki kapasitas untuk menjadi revolusioner.
Alibaba saat ini sedang mengembangkan  tempat belanja ritel, yang memaduhkan pengalaman  belanja Online dan Offline di beberapa wilayah China salah satunya Shanghai.
Di negara yang menjadikan masyarakatnya bebas dompet, Anda dapat membeli dengan Alipay, sistem pembayaran digital yang berafiliasi dengan Alibaba  serta memiliki  lebih dari 520 juta pengguna.

Supermarket Hema Group Alibaba tampak seperti tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari pada umumnya. Namun ketika sudah  berada di dalam dan menjelajahinya, kita bisa merasakan seru dan mudahnya berbelanja. 

Hema di buka pertama kali pada tahun 2015, menggabungkan  suatu layanan  pengantaran pesanan online, dengan pembelian langsung di toko, dan  bisa konsumsi produk secara langsung. 

Di supermarket Hema, konsumen  dalam berbelanja menggunakan aplikasi Hema yang terinstal di smartphone. Setiap produk sudah di tempeli label elektronik. Ketika ada promo harga  otomatis akan berubah sesuai perintah sistem. Jadi  sudah tak perlu lagi mengganti dan menempel ulang harga secara manual. 
Uniknya, berbelanja di Hema juga tidak perlu lagi bertanya pada pegawai. Setiap produk sudah mempunyai QR code yang bisa dipindai menggunakan aplikasi Hema di smartphone. QR code tersebut akan memunculkan informasi produk secara detail, dari  mulai kandungannya, asal produk  dan seberapa jauh jarak yang ditempuh hingga produk ini tiba di rak supermarket, bahkan juga di informasikan ide resep olahan dari produk yang kita beli. 

Membayar dengan Kasir Digital 
Setelah kelar berbelanja, pengalaman tak kalah  seru lainnya adalah membayar barang belanjaan di kasir digital. Kasirnya berwujud mesin yang ditempatkan di area sebelum pintu keluar. 


  1. Mesin ini akan memindai barang-barang yang di beli pada saat konsumen menempelkan barang belanjaan mereka ke area sensor. Dan selanjutnya, mesin akan menghitung dan menjumlah total item harga barang. Kasir digital ini kemudian akan memberikan opsi pembayaran.
Konfirmasi pembayaran juga bisa dilakukan menggunakan pemindaian wajah atau scan barcode. Pembayaran kemudian akan terkoneksi otomatis dengan akun pembayaran digital Alipay dan akan otomatis mendebetnya. 

Dikirim langsung ke rumah Customer
Tak cukup sampai di situ, Alibaba juga memanjakan konsumennya dengan opsi mengirimkan barang langsung ke rumah. Jadi, setelah  melakukan pembayaran, barang belanjaan akan ditempatkan di tas. 
Setiap warna tas di pakai untuk menandakan isinya. Hijau untuk buah dan sayur  dan biru untuk seafood, abu-abu untuk sembako serta ungu  untuk daging. 
Tas-tas  tersebut ditempatkan pada jalur kereta yang akan terlihat berjalan di sepanjang atap supermarket Hema. Tas-tas tersebut kemudian akan masuk dalam antrean pengiriman dan kita tinggal menunggunya tiba di rumah.

Ada juga opsi  untuk belanjaan yang ingin di konsumsi langsung di food court  di supermarket tersebut. Belanjaan langsung di pisahkan untuk di olah oleh chef yang bertugas di sana. Seperti seafood misalnya, belanjaan akan langsung masuk antrean pengolahan. Lewat aplikasi kita bisa memilih makanan tersebut ingin di olah menjadi apa.Kemudian aplikasi Hema akan menampilkan waktu tunggu pengolahan makanan, dan akan memberikan notifikasi saat makanan sudah selesai dan siap santap. Seru kan ?

Supermarket Hema merupakan bagian dari sebuah Inovasi dan strategi pendiri Alibaba Jack Ma dalam visinya mewujudkan New Retail yang menggabungkan konsep belanja online dan offline. 

China sendiri merupakan pemimpin dalam urusan e-commerce global, namun porsi perdagangan online di negara  tersebut terbilang masih kecil. Sebagian besar masyarakat di China  masih lebih memilih berbelanja di toko secara langsung. 

Hema hanya salah satu bagian contoh bagaimana Alibaba berusaha mengubah retail tradisional dengan memperkenalkan teknologi. Saat ini sudah terdapat 40 supermarket Hema yang tersebar di berbagai kota di China yakni Shanghai, Beijing, Ningbo, Shenzhen, Hangzhou, serta Guiyang. 

Alibaba bisa, Indonesia dengan tokopedia dan Bukalapaknya pasti juga bisa 👌 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Seru dan mudahnya Belanja di Supermarket Hema - Group Alibaba"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel