Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Sistem Operasi iOS ( iPhone Operating System )

iOS ( Iphone Operating System ) di  buat dan di kembangkan oleh Apple INC.

Perusahaan ini di dirikan pada April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, Ronald Wayne dan diinkorporasikan pada Januari 1977 dengan nama Apple  Computer Inc.


Apple Inc bergerak dalam dua jenis bidang, Produk dan Jasa.


Produk :


  • Mac 
  • Ipod 
  • iPhone 
  • iPad 
  • iPad Mini 
  • Apple TV  
  • OS X  
  • iLife 
  • iWork 
  • iOS 
  • Apple Watch 
  • Watch OS 


Jasa : 

Apple Store, Apple Store Online, Mac App Store, iTunes Store, iBooks, iCloud 

Sesuai dengan tema, pembahasan lebih spesifik terkait dengan generasi awal sampai terakhir  smartphone iPhone dengan operating system  iOS


iPhone 2 :

Generasi pertama ini rilis pada 9 Januari 2007. Label 2G di tambahkan di belakang  body karena pada saat itu jaringan seluler hanya terbatas pada teknologi EDGE.


iPhone 2G
Kelebihan iPhone 2G
Sebuah revolusi layar sentuh multitouch terbesar (pada saat itu) yang sukses melahirkan cara pengoperasian yang benar-benar baru. Steve Jobs juga tak lupa pula memamerkan kemampuan iPhone 2G mengakses Google Maps.

iPhone 3G
Generasi kedua ini diperkenalkan pada ajang WWDC ( WorldWide Developer Conference  ) di California  Amerika tahun 2008. Sudah di dukung  dengan jaringan  3G. Namun pembaruan  tersebut yang paling pantas disorot dari iPhone 3G adalah dari segi software, dimana iPhone OS 2.0 yang dijalankannya akhirnya menghadirkan App Store. Berawal dari sini lahir jutaan aplikasi serta di mulainya industri mobile gaming.

iPhone 3GS
3GS memulai pola debut awal sampai saat ini masih dipertahankan Apple, yakni tambahan S yang berarti peningkatan internal dalam desain yang sama seperti pendahulunya. Acara peluncurannya di tahun 2009, dikatakan bahwa 
S pada iPhone 3GS berarti “Speed”, mengindikasikan bahwa smartphone ini punya performa yang jauh lebih cepat ( 2x lipat ) dibanding versi sebelumnya. iPhone 3GS juga merupakan revolusi iPhone pertama yang membawa fitur perekaman video.

iPhone 4 


Produk inilah iPhone pertama yang berhasil membuat publik secara luas terpesona, salah satunya di Indonesia. Diperkenalkan di WWDC  San, Fransisco Juni 2010. Fitur unggulan  pada iPhone 4 adalah Retina Display, dimana layar 3,5 incinya telah mengemas resolusi 960 x 640 pixel yang amat tajam, serta gaya desain baru yang sangat elegan. 
Dari sisi software, iOS 4 yang di jalankannya akhirnya memperkenalkan fitur multitasking, serta layanan video chat yang kita kenal dengan nama FaceTime.



iPhone 4S 


Generasi kelima ini masih mempertahankan desain milik pendahulunya, namun juga merupakan iPhone pertama yang menawarkan warna putih.

Tambahan huruf S pada namanya melambangkan “Siri”, dan ia juga menjadi iPhone pertama yang mengusung prosesor berinti ganda. Untuk software, ia menjalankan iOS 5 yang memperkenalkan layanan iCloud dan iMessage.

iPhone 5 
Generasi ke 6 di perkenalkan tahun 2012, iPhone 5 hadir dengan perubahan desain yang cukup drastis ketimbang pendahulunya. Bentuknya lebih tipis dan  juga lebih ringan, sedangkan layarnya memanjang menjadi 4 inci dan aspect ratio-nya berubah dari 3:2 menjadi 16:9, namun dengan kepadatan pixel yang sama yakni 326 ppi. iPhone generasi keenam ini mengemas port baru bernama Lightning, menggantikan port 30-pin yang sudah dipakai sejak era iPod generasi ketiga.

iPhone 5 juga merupakan sebuah salah satu iPhone yang paling langka. Pasalnya ia hadir hanya sempat dijajakan selama setahun saja sebelum akhirnya digantikan oleh iPhone 5C, yang pada dasarnya sama persis tetapi dibalut kemasan plastik warna-warni.

iPhone 5S
Di perkenalkan pada tahun 2013, pertama kali ditawarkan dalam varian warna emas. Meski tidak ada konfirmasi dari Apple, banyak yang menduga huruf “S” pada namanya melambangkan “Security”, dimana iPhone 5S memperkenalkan sensor sidik jari bernama Touch ID.

Apple juga memperkenalkan  revolusi prosesor berarsitektur 64-bit-nya pertama kali melalui iPhone 5S. Dengan performanya yang kencang memungkinkannya untuk merekam video slow-motion untuk pertama kalinya sepanjang sejarah iPhone. Perihal software, ia datang bersama iOS 7 yang mempunyai tampilan yang benar-benar berbeda dari sejak iPhone generasi pertama diluncurkan

iPhone 6 and 6 Plus 

Di perkenalkan pada tahun 2014, Ukuran keduanya sama-sama besar, masing-masing dengan layar 4,7 dan 5,5 inci, dan bodinya pun terus menipis hingga lensa kameranya harus menonjol sendirian. Selain ada perubahan desain yang radikal, iPhone 6 dan 6 Plus juga pertama kalinya mengemas chip NFC sehingga pengguna bisa menikmati layanan pembayaran elektronik Apple Pay.

iPhone 7 and 7 Plus
Ke dua seri ini di perkenalkan oleh CEO Apple Tim Cook di Graham Civic Auditorium San Francisco pada September 2016, di Indonesia sendiri perangkat ini realese maret 2017

Design bahan metal namun memiliki varian warna yang lebih banyak diantaranya silver, gold, Rose gold, dan 2 warna hitam finishing doff dan jet black. Dengan dimensi masih sama seperti pendahulunya yaitu 4,7 inci dan 5,5 inci.

iPhone 7 dan iPhone 7 plus juga membawa sistem operasi terbaru apple yaitu iOS 10, di klaim mempunyai kemampuan 2x lebih cepat dari iPhone 6S

Pad kamera iPhone 7 dibekali dengan 12 megapixel, optical image stabilization, FaceTime HD Camera, Quad-LED true tone flash.

Detail perubahan pada kamera iPhone 7 adalah penambahan image stabilization optik, f/1.8 aparatur, dan 6 elemen lensa serta quad true tone flash yang akan membuat hasil pengambilan foto dan video pada pencahayaan yang lemah tetap maksimal.

Yang cukup mencolok dari iPhone 7 plus, yaitu double kamera tele dan wide.

Tele digunakan untuk objek dengan fokus yang baik sedangkan wide untuk mengambil gambar secara luas. Keduanya dapat diganti sesuai kebutuhan, juga dengan 10 Zoom dan 6 kali untuk video.

Fitur lainnya adalah Deep of field yaitu kemampuan mengambil gambar dengan ketajaman yang sangat baik, kekuatan focus dan blur sehingga menyerupai gambar yang diambil menggunakan kamera DSLR.

iPhone 8 and 8 Plus 
Di perkenalkan oleh Tim Cook  CEO Apple September 2017 

iPhone 8 dan 8 Plus dibalut  dengan aluminium  level aerospace dengan balutan kaca yang pemrosesan warnanya melewati tujuh lapisan. Ini adalah yang pertama kali ada di pasaran dan diklaim sebagai kaca pelindung paling awet untuk smartphone.

iPhone 8 menggunakan layar 4,7 inci, sedangkan 8 Plus 5,5 inci, keduanya dilengkapi fitur anti-air dan anti-debu.

Menggunakan prosesor A11 Bionic berinti 6 dengan desain 64 bit. Empat intinya  jauh lebih cepat 75 persen dibandingkan A10, sementara dua inti lainnya lebih cepat 25 persen ketimbang A10

GPU nya menggunakan A11, di klaim lebih cepat 30 persen dari A10. Secara keseluruhan performanya lebih cepat 80 persen dari A10

iPhone X & X Plus
Ada yang unik di penamaan/seri iPhone terbaru ini. Dari 8 langsung lompat ke 10, dan penulisan nya tidak menggunakan angkah, melainkan huruf X. Hal ini menandai 10 tahun Apple bergerak di industri smartphone.

Desain  Sepenuhnya menggunakan layar  Super Retina 5,8 inci. Kamera True Depth dengan tehnologi canggih memungkinkan Face ID serta menyematkan kamera Inframerah, Dot projector, dan Floo Illuminator agar hasilnya akurat dan mampu mengenali wajah penggunanya hingga 3D.

Dapur pacu menggunakan chipset Apple A11 Bionic terbaru yang memiliki hexa-core dengan konfigurasi dual-core untuk kinerja tinggi dan quad-core untuk efisiensi energi. Bahkan chipset ini  juga telah  mendukung Augmented Reality dan Machine Learning.

Bagi kalian pengguna iPhone, ikuti terus Review menarik berikutnya.








Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sistem Operasi iOS ( iPhone Operating System )"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel