Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Sejarah Youtube

Youtube sebuah situs web berbagi video yang di buat oleh tiga orang ( Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim ) ketiganya mantan karyawan paypal  dan facebook.



Sebuah ide muncul ketika Hurley dan Chen berada dalam satu pesta makan malam di apartemen Chen, dan mereka kesulitan ketika akan membagikan Video makan malam tersebut, Karim tidak datang ke pesta karena merasa pesta tersebut pernah ada.

Mengenal lebih dekat ke tiga pendiri
Youtube :

  • Chat Hurley  Lahir 23 Januari 1977  di Pennsylvania Amerika. Mendapat gelar BA bidang seni murni dari University of Pennsylvania pada tahun 1999, dan pernah bekerja sebagai karyawan Paypal.
  • Steve Chen Lahir 18 Agustus1978 di Taipei  Taiwan, bertempat tinggal di San Francisco Amerika. Alumni University of illinois at Urbana Champaign, dan pernah bekerja sebagai karyawan Facebook.
  • Jawed Karim Lahir 28 Oktober 1979 di Merseburg Jerman Timur, bertempat tinggal di Minnesota Amerika. Alumni University of illinois at Urbana Champaign, ia keluar kampus sebelum lulus untuk bekerja di Paypal generasi pertama. tetapi tetap melanjutkan studinya. Ia memperoleh gelar Bachelor of Science dalam ilmu komputer pada tahun 2004.

Mereka bertiga bertemu ketika bekerja di Paypal, dan akhirnya mendirikan Situs Web berbagi Video Youtube. Video Youtube pertama yang di unggah Karim pada 23 April 2005 berjudul Me at the zoo .

Youtube sebagai perusahaan teknologi rintisan yang di danai oleh Sequoia Capital dengan total investasi mencapai $11,5 juta, berkantor di  atas sebuah pizzeria restoran jepang di California Amerika.

Mei 2005 Youtube menawarkan uji Beta, berselang enam bulan kemudian tepatnya November 2005 barulah dirilis secara resmi. Youtube mengalami pertumbuhan luar biasa pada Juli 2006, informasi yang di berikan oleh perusahaan setiap hari mencapai 65.000 Video di unggah dan mendapati 100 juta pengunjung setiap harinya.


Youtube memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML 5 untuk menampilkan konten Video buatan pengguna ( video klip musik, film dan TV ). Konten Youtube buatan pengguna sangat mendominasi, meskipun sudah ada perusahaan - perusahaan media yang  sebelumnya menjalin program kemitraan.

Pada Oktober 2016 Google Inc mengumumkan telah membeli Youtube dengan nilai transaksi $1,65 miliar dalam bentuk saham, proses pemindahan/akuisisi selesai pada November 2016.

Dari hasil penjualan Youtube ke Google, ke tiga pendiri masing - masing menerima :

  • Chad Hurley menerima  694.087 lembar saham dari Google secara langsung dan  41,232 lembar tambahan, total senilai $345,6 juta.
  • Steve Chen menerima  625.366 lembar saham senilai $326,2 juta
  • Jawed Karim menerima 137.443 lembar saham senilai $64 juta 
Di bawah  bendera Google, Youtube semakin berkembang.

Pada tahun 2008 Youtube membuat kerjasama  dengan MGM, Lions Gate Entertainment dan CBS dengan memberi ijin menayangkan film dan serial TV dengan durasi penuh. Dalam sebuah artikel majalah Forbes memperkirakan pendapatan Youtube mencapai  hingga $200 juta di tahun 2008. 

Pada tahun 2010 Youtube  menyiarkan konten tertentu secara gratis, dan mengklaim  menyiarkan sebuah acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis


Di lansir oleh analis RBC Capital  Mark Mahaney  memperkirakan  pendapatan tahunan platform  video Youtube mencapai  $10 miliar dan terus meningkat 40% pertahun nya...waoww 

Maka ini membuat Youtube salah satu aset  terkuat fundamental di internet saat ini, ujar Mahaney yang di muat  tubularinsights.com.







Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Youtube"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel