Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Sejarah Penemu Komputer

Bicara Tehnologi pasti tidak bisa terpisahkan dengan sebuah sistem yang bernama komputer.
Komputer di temukan oleh Charles Babbage seorang ahli Matematikawan kelahiran London Inggris 25 Desember 1792, putra dari Benjamin Babbage seorang Banker.

Saat memasuki Trinity College di Cambridge tahun 1811, kemampuan matematikanya sangat menonjol dan menjadi seorang yang pertama menggagas sebuah alat hitung dengan metode mekanik yang dapat di program.

Pada usia 20 tahun Charless Babbage 
bekerja sebagai seorang ahli matematika di bidang fungsi kalkulus.

Pada tahun 1816, dia terpilih sebagai anggota Royal Society ( organisasi sains dan akademis independen  ) Inggris Raya, masih aktif hingga kini dan memainkan peran penting di yayasan Astronomical Society "sebuah organisasi Astronomi dan geofisika di Inggris raya, yang masih aktif hingga kini" pada tahun 1820.

Pada masa itu perhitungan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan dalam menjumlah, Untuk meminimalisir kesalahan perhitungan yang di lakukan oleh manusia, Charles Babbage terinspirasi oleh perkembang mesin hitung yang di kerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal Blaise dan Gottfried Leibniz.

Gagasan awal tentang mesin Charles 
Babbage  itu ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables
( catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis ) tertanggal 14 Juni 1822.


Dan pada tahun 1821 Charles Babbage menciptakan Difference Engine, sebuah mesin yang dapat menyusun Tabel Matematika. Saat melengkapi ide mesin tersebut di tahun 1832, Charles Babbage mendapatkan ide tentang mesin yang lebih baik, yang akan mampu menyelesaikan tidak hanya satu jenis namun berbagai jenis operasi Aritmatika.


Mesin ini di beri nama Analytical Engine (1856), yang dimaksudkan sebagai mesin pemanipulasi simbol umum, serta mempunyai beberapa karakteristik dari komputer modern. Yang diantaranya adalah penggunaan Punched Card, sebuah unit memori untuk memasukkan angka, dan berbagai elemen dasar komputer lainnya.

Pada tahun 1833 Charles Babbage bertemu dengan Ada Lovelace anak dari Lord Bryon seorang penyair masyur Inggris pada masa nya, Dan sembilan tahun kemudian Luigi Federico Manabrea ( seorang insinyur dari Italia ) menjelaskan cara kerja Analytical Engine. Karya ini  yang kemudian  diterjemahkan dan ditambahkan notes oleh Ada Lovelace di tahun 1843. Mulai dari saat itulah orang mulai mengenal karya Charles Babbage.

Salah satu komputer yang pernah  tercipta di dunia dan menjadikannya komputer pertama adalah ENIAC.
Komputer pertama di dunia yang dinamakan ENIAC merupakan Electronic  Numerical Integrator And Computer, komputer ini dibuat pada tahun 1945 oleh Angkatan bersenjata milik Amerika Serikat dan dikembangkan oleh Dr. John W.Mauchly dan J. Presper Eckert, jr.

ENIAC Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah komputer elektronik penuh pertama yang didesain agar Turing-Complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan.

Amerika Serikat mengeluarkan biaya sebesar 61,7 ribu dollar AS. Sebuah nilai harga yang fantastis untuk membuat komputer pertama dunia ini, pihak militer Amerika bekerja sama dengan University of Pennsylvania.

Komputer pertama di dunia ENIAC ini memiliki spesifikasi diantaranya berbobot sekitar 30 ton, memiliki 19.000 tabung yang hampa udara, 1500 relay dan juga ratusan ribu resistor, induktor dan kapasitor yang digunakan.

Daya listrik yang digunakan, ENIAC menggunakan daya listrik untuk bekerja sebesar 200 Kw. Kegunaan komputer pertama dunia tersebut bukan hanya  diuntuk gunakan untuk membantu kegiatan berperang, namun juga bisa digunakan untuk mengukur suhu, perkiraan cuaca, untuk perhitungan energi atom dan lainnya.

Untuk menggunakan dan juga perawatan ENIAC, tidaklah mudah karena bobotnya yang cukup berat dan komponennya yang terlalu rumit. Jika terjadi kerusakan pada tabung udara, maka perbaikannya harus dengan memeriksa semua tabung udara yang berjumlah hampir 19 ribu tabung.

Bagaimana dengan perawatan dan penanganan sebuah kerusakan komputer sekarang, cukup simple ya, kita hanya memanggil teknisi dan dalam beberapa saat kita sudah bisa mendapatkan komputer bekerja dengan baik kembali. Karena rumitnya dalam penggunaan dan perawatan ENIAC, pada tahun 1955 sekitar bulan Oktober, ENIAC sudah tidak digunakan lagi.

Sekalipun ENIAC sebagai komputer pertama tidak digunakan, namum pembuatan komputer ini adalah salah satu bentuk teknologi yang hebat. Konsep dari  sebuah pembuatan komputer ini terdiri dari tiga bagian yaitu otak mekanik, punch card dan juga tabung hampa udara. Ketiga konsep tersebut kemudian digabung dan dijadikan sebagai komputer pertama di dunia. Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan terhadap komputer, setelah ENIAC tidak digunakan lagi, perkembangan komputer justru semakin pesat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Penemu Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel