Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Manfaat GPN Bagi Pebisnis dan Pemegang Kartu

Dengan terbitnya peraturan Bank Indonesia tentang GPN Gerbang Pembayaran Nasional. Aturan ini di lakukan secara bertahap di Merchant/Toko//Gerai seiring nantinya nasabah akan di tawari kartu baru berlogo GPN. GPN sendiri di kenalkan pada Juni 2017.
Di setiap transaksi belanja dengan menggunakan Kartu Kredit, ada beban biaya yang di sebut dengan MDR  Merchant Discount Rate.

MDR di tanggung oleh Merchant atau Gerai, bukan pemegang  atau pemilik kartu nasabah Bank. Biaya setiap transaksi gesek (debit).

Dengan adanya peraturan baru Bank Indonesia terkait dengan GPN, maka beban Merchant turun, dari 3% menjadi 1%.
Yang unik di Bank Central Asia, karena BCA mempunyai teknologi sendiri. Sebelumnya pemilik Merchant yang bekerjasama dengan BCA tidak di kenakan charge biaya MDR alias 0% ketika ada pengguna melakukan transaksi debit.

Dengan lahirnya peraturan baru Bank Indonesia, maka merchant di kenakan biaya MDR 0,15% (UN US) dan 1% (OFF US).

Apa yang di maksud dengan UN US dan OFF US ? Sederhananya seperti ini

UN US : Kartu debit BCA di gunakan gesek ke mesin EDC BCA sendiri, Merchant di kenakan biaya 0,15%

OFF US : Kartu debit BCA di gesekan ke mesin EDC Bank lain, merchant di kenakan biaya 1%

Apa bedanya BCA dengan Bank lain ?

Bank lain belum menggunakan teknologi sendiri dan masih menyewa ke Asing untuk Swithcer nya. Pada kartu debit yang berlogo Mastercard atau Visa, dengan kartu ini setiap transaski Merchant menanggung beban 3%

Kenapa ? 
Penyebabnya adalah setiap transaksi harus melakukan  proses Routing, alias harus jalan - jalan ke luar negeri dulu. Dengan adanya peraturan baru BI ini, biaya yang tadinya 3% turun menjadi 0,15% ON US dan 1% OFF US

Kenapa BI mengeluarkan aturan baru ini ?
Selain lebih aman, untuk menjaga data nasabah perbankan dan lebih mudah bagi petugas Pajak. Keuntungan setiap gesek juga tidak terbang ke luar negeri.
Charge 3% di Merchant/Gerai, 1% nya adalah untuk asing. Karena teknologi yang di pakai oleh perbankan di Indonesia. Keuntungan yang terbang ke perusahaan asing sangatlah besar.
Data dari Bank Indonesia menyebutkan, belanja dengan menggunakan gesek/debit pada Oktober 2017 mencapai Rp. 24,36 Triliun. Dan 1% nya terbang ke perusahaan asing.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat GPN Bagi Pebisnis dan Pemegang Kartu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel