Featured Post

10 Tips Diet Sehat Bagi Wanita

fenurs.com -Seperti janji saya pada artikel sebelumnya, kali akan membahas 10 tips diet sehat bagi wanita agar memiliki tubuh langsing, i...

Lensa Kamera DSLR


Apa jadinya memakai kamera Mirrorless atau DSLR tanpa di lengkapi dengan lensa ? 
Bagi kedua kamera Mirrorless dan DSLR, lensa merupakan bagian terpenting agar dapat menjadi lebih sempurna. Fungsi dari lensa itu sendiri sebagai pengatur cahaya, juga menentukan kualitas foto yang akan dihasilkan.
Jenis lensa pada kedua kamera ini (Mirrorless dan DSLR) sangat beragam dan memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan kegunaannnya. 

Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang lensa kamera, Maka kami rangkum beberapa model lensa beserta fungsinya.

LENSA STANDAR
Pada lensa jenis ini atau lazim disebut juga sebagai lensa normal, karena kemampuan cakupan pandangnya mirip dengan mata normal manusia. Lensa standar tidak akan menimbulkan distorsi pada foto kamu, jadi pada saat kamu memotret sebuah objek, maka hasilnya akan tampak natural.  
Jenis lensa ini pada umumnya memiliki lebar aperture maksimal, sehingga memungkinkan melakukan pemotretan pada kondisi pencahayaan yang cukup rendah. Lensa standar biasa digunakan bagi yang hobby dengan street, landscape, dan portrait photography.

LENSA FIX ( PRIMER)
Jenis lensa fix atau biasa disebut dengan lensa prime memiliki satu buah focal length tunggal atau panjang fokus tunggal.
Anda bisa mendapatkan kualitas foto yang cukup tajam jika menggunakan lensa yang satu ini. Selain itu, bagi anda yang senang bermain foto dengan efek bokeh, lensa fix juga bisa memberikan kualitas foto bokeh yang baik.
Lensa fix harganya dijual cukup murah, mengingat bentuknya yang lebih sederhana dibanding lensa-lensa yang lainnya.

LENSA SHIFT
Lensa jenis ini mempunyai perbedaan dengan lensa yang lainnya, lensa yang satu ini akan kelihatan unik bagi yang masih baru. Lensa shift disebut juga sebagai lensa kendali prespektif karena ketika menggunakan lensa ini, bisa di geser ke atas dengan tetap menjaga kamera tetap sejajar agar tidak terjadi distorsi.
Dengan memakai lensa ini,  maka akan sangat pas di gunakan untuk keperluan memotret sebuah miniatur dengan detail yang jauh lebih baik.

LENSA WIDE ANGLE
Sudah pasti mempunyai perbedaan dengan lensa standar, lensa jenis satu ini memungkinkan untuk mendapatkan hasil foto dengan sudut yang lebar. Jadi akan sangat cocok jika ingin memotret banyak orang, pemandangan indah atau berbagai arsitektur bangunan yang cukup luas.
Ada kelebihan pasti juga ada kekurangan,  Namun, lensa jenis ini jika di pakai memotret suatu objek terlalu dekat akan menimbulkan distorsi atau hasil foto tidak akan sesuai dengan bentuk asli objek kamu. Hasil fotomu akan terlihat lebih cembung atau cekung. Untuk harga lensa WIDE ANGLE  ini bisa mencapai mencapai hingga 14 jutaan

LENSA WIDE ANGLE ZOOM
Hampir mempunyai kesamaan dengan lensa Wide Angle, lensa jenis ini juga bertujuan untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih luas. Bedanya lensa wide angle zoom  lebih ditujukan untuk memberikan efek distorsi jauh lebih banyak daripada Lensa Wide Angle biasa.
Pengaturan fokus jarak menengah yang bisa di dapatkan dari Lensa ini, sementara itu tidak dimiliki oleh lensa Wide Angle, Dari segi berat, lensa wide-angle zoom jauh lebih berat karena memiliki 3 lensa yang masih-masing mempunyai ukuran 21 mm, 28 mm, dan 35 mm. Lensa jenis ini sangat pas di pergunakan untuk keperluan foto landscape, arsitektur, dan interior bangunan.

LENSA LONG FOCUS
Jenis lensa longsor focus biasa digunakan oleh fotografer untuk memotret objek yang jauh agar terlihat  lebih dekat. Lensa jenis ini bisa  digunakan memotret untuk event olahraga dengan jarak yang cukup jauh
Jenis lensa ini memiliki bobot yang cukup berat mengingat ukuran panjangnya. Bagi anda yang masih baru dalam dunia fotografi, akan terasa sulit menggunakannya tanpa mendapat bantuan dari tripod.
Nah Itulah beberapa ulasan jenis lensa kamera DSLR. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan fotografi

Lihat juga : Kamera DSLR Nikon D850



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lensa Kamera DSLR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel